ANALISIS RENDAHNYA TEKANAN POMPA HIDROLIK PADA STEERING GEAR DI KM. KELUD

FIRDANA, HARVIAN BARETA (2022) ANALISIS RENDAHNYA TEKANAN POMPA HIDROLIK PADA STEERING GEAR DI KM. KELUD. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811216622T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811216622T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811216622T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811216622T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (551811216622T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811216622T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (437kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTARKSI Harvian Bareta Firdana, 2022 “Analisis Rendahnya Tekanan Pompa Hidrolik Pada Steering gear di KM. Kelud”, Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Tony Santiko, S. ST, M.Si, M.Mar.E, Pembimbing II: Dr. Darul Prayogo, M. Pd . Sistem kemudi atau steering gear merupakan suatu komponen pendukung dari permesinan diatas kapal yaitu permesinan bantu yang memiliki peranan sangat penting bagi sistem operasional gerak kapal dalam melakukan pergerakan dari titik awal menuju ketitik akhir dari sebuah pelabuhan. Latar belakang penulisan skripsi ini adalah rendahnya tekanan pompa hidrolik pada steering gear di kapal penumpang KM. Kelud. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya tekanan pompa hidrolik steering gear?, dampak yang terjadi apabila tekanan pada pompa hidrolik rendah?, dan bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga optimalnya kinerja pada pompa hidrolik steering gear? Metode yang digunakan penulis adalah metode penelitian deskriptif dengan metode SHEL untuk menganalisis permasalahan pada pesawat steering gear. Hasil penelitian didapati resiko yang ditimbulkan dari kurangnya perhatian dan perawatan sistem steering gear adalah karena udara yang masuk kedalam sistem, dimana permukaan oli didalam tangki hidrolik masih berada pada garis batas sehingga pipa inlet masih berada diatas permukaan oli, jadi pompa tidak dapat menghisap dengan baik dan maksimal, pada komponen pompa memungkinkan adanya kebocoran seperti seal pada poros pompa, seal aktuator pada steering gear. Perlu dilakukan perencanaan perawatan pada steering gear secara rutin dan berkala mulai dari perawatan harian, mingguan, serta bulanan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah resiko yang ditimbulkan karena kurangnya perhatian serta perawatan pada steering gear sehingga menyebabkan kobocoran pada pompa hidrolik. Hal ini ditandai dengan komponen-komponen steering gear yang tidak dapat bekerja secara maksimal. Metode perawatan steering gear harus dilakukan dengan baik dan teratur sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan untuk mengurangi atau menghindari masalah yang terjadi pada steering gear

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Steering gear, metode SHEL, rendahnya tekanan pompa
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 23 Sep 2022 03:31
Last Modified: 23 Sep 2022 03:31
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4122

Actions (login required)

View Item View Item