PENGARUH PELATIHAN CARGO HANDLING SIMULATOR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI TARUNA NAUTIKA

FISKHAN, ARYA PURNAMA (2021) PENGARUH PELATIHAN CARGO HANDLING SIMULATOR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI TARUNA NAUTIKA. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (531611105907N_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611105907N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB) | Request a copy
[img] Pdf (531611105907N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
531611105907N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (18MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Purnama. Fiskhan Arya, 2021. “ Pengaruh Pelatihan Cargo Handling Simulaor Dan Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Kompetensi Taruna Nautika”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I: Capt. Arika Palapa, M.Si., M.Mar., Pembimbing II: Bapak Amad Narto, M.Mar. E., M.Pd. Modernisasi pendidikan dunia maritim kini telah membawa pengaruh besar terhadap pelaut-pelaut di seluruh dunia termasuk Indonesia, modernisasi pendidikan merupakan langkah penting yang dilakukan, dengan dua tujuan utama yaitu meningkatkan jumlah lulusan dan meningkatkan mutu pendidikan. Seperti yang diketahui secara umum ke pelautan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pengawakan, pendidikan, sertifikasi, kewenangan serta hak dan kewajiban pelaut. Pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia pelaut dimaksudkan untuk menciptakan pelaut yang profesional yaitu cakap dan terampil. Ada suatu pelatihan yang paling penting untuk meningkatkan kemampuan dalam mengatur muatan di atas kapal yaitu dalam kegiatan pelatihan Cargo handling simulator. Akan tetapi pelatihan saja tidak menjamin adanya peningkatan kompetensi yang signifikan tanpa adanya motivasi belajar. Dengan adanya motivasi belajar ditambah dengan pelatihan maka akan meningkatkan kompetensi pelaut. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer berupa kuesioner tentang pelatihan, motivasi belajar, dan peningkatan kompetensi. Variabel dalam penelitian ini adalah pelatihan (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap kompetensi (Y). Responden yang di dapat berjumlah 88 taruna. Objek dalam penelitian ini adalah taruna nautika dari 4 instansi/akademi berbeda yang berada di Semarang, Jawa Tengah. Data tersebut diolah menggunakan software komputer IBM SPSS Statistics versi 25. Dalam Penelitian ini disimpulkan bahwa pelatihan dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kompetensi. Dengan adanya pengaruh yang baik dari Pelatihan dan Motivasi Belajar terhadap kompetensi maka taruna harus memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik sebagai bekal menjadi perwira di atas kapal sehingga dapat membuktikan bahwa lulusan dari akademi pelayaran terkait memiliki kemampuan yang profesional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pelatihan, Motivasi Belajar, Kompetensi.
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 24 Mar 2022 01:21
Last Modified: 24 Mar 2022 01:21
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3597

Actions (login required)

View Item View Item