NAUFAL, ACHMAD SOBRI (2020) ANALISIS TURUNNYA TEKANAN KOMPRESI PADA DIESEL GENERATOR DI KM LINTAS LORENTZ. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (531611206061 T_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611206061 T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (531611206061 T_SKRIPSI_OPENACCESS)
531611206061 T_SKRIPSI_OPENACCESS.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Sobri, Naufal Achmad, 2020, NIT: 531611206061 T.“Turunnya Tekanan Kompresi Pada Diesel Generator Di KM. Lintas Loretnz”.Skripsi.Program DiplomaIV, Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: H.Mustholiq,M.M., M.Mar.E.,PembimbingII: Andy Wahyu Hermanto,M.T. Kompresi adalah proses pemampatan bahan bakar yang merupakan faktor penunjang pengoperasian diesel generator. Diesel generator merupakan kombinasi dari mesin diesel dan generator listrik yang digunakan untuk pembangkit listrik dimana sistem kerja mesin tersebut menggunakan bahan bakar solar yang dimampatkan dan menghasilkan energi putar kemudian dirubah menjadi energi kinetik. Permasalahan yang penulis ambil dengan menggunakan rumusan masalah faktor-faktor apakah yang menyebabkan turunnya tekanan kompresi pada diesel generator, dampak apakah yang diakibatkan jika kompresi pada diesel generator mengalami penurunan tekanan kompresi, serta bagaimanakah upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan tekanan kompresi pada diesel generator. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik fishbone analysis yaitu Man, Machine, Management, procedur dan untuk pembahasan masalah dengan mengkategorikan kedalam metode USG(Urgency, Seriousness, Growth). Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi dengan mengamati pada saat penulis melakukan kegiatan perbaikan diesel generator di kapal KM. Lintas Lorentz. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab turunnya tekanan kompresi pada diesel generator adalah kurangnya pengetahuan crew dalam perawatan diesel generator, hingga menyebabkan kerusakan komponen mesin karena sistem pelumas yang tersumbat dan tidak dapat melumasi semua komponen mesin dengan baik, serta perawatan-perawatan yang tidak berdasar pada manual book diesel generator di kapal dan akibatnya diesel generator mengalami kerusakan pada komponen tertentu sehingga berdampak pada kinerja diesel generator yang kurang maksimal dan menurunnya tenaga diesel generator tersebut. Upaya yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan tekanan kompresi diesel generator adalah dengan melakukan penggantian komponen diesel generator yang mengalami kerusakan dan melakukan perbaikan pada sistem minyak lumas yang tersumbat. Saran untuk penilitian ini adalah KKM harus selalu mengadakan meeting di kamar mesin untuk membahas pentingnya melakukan perawatan sesuai dengan manual book,melaksanakan jadwal perawatan sesuai planned maintenance system (PMS),serta mengevaluasi pekerjaan yang sudah dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Kompresi, Diesel Generator, Perbaikan dan perawatan, Fishbone Analys, USG |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 25 Nov 2020 03:51 |
Last Modified: | 25 Nov 2020 03:51 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2938 |
Actions (login required)
View Item |