PENINGKATAN EFFECTIVE TIME UNTUK MENEKAN IDLE TIME DAN NOT OPERATION TIME PADA PROSES DISCHARGE DRY BULK CARGO DI PT. TERMINAL TELUK LAMONG

MARIA, EMAKULATA JUNIWARDANI (2020) PENINGKATAN EFFECTIVE TIME UNTUK MENEKAN IDLE TIME DAN NOT OPERATION TIME PADA PROSES DISCHARGE DRY BULK CARGO DI PT. TERMINAL TELUK LAMONG. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (531611306230K_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611306242_SKRIPSI_FULLTEXTS..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (531611306230K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
531611306242_SKRIPSI_OPEN_ACCESS..pdf

Download (3MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Maria Emakulata Juniwardani, 2020, NIT: 531611306230 K, “Peningkatan Effective Time untuk Menekan Idle Time dan Not Operation Time pada Proses Discharge Dry Bulk Cargo di PT. Terminal Teluk Lamong”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Ir. Fitri Kensiwi, M. Pd, Pembimbing II: Capt. Tri Kismantoro, MM, M.Mar PT. Terminal Teluk Lamong merupakan salah satu terminal yang mempunyai pelayanan jasa bongkar curah kering. Salah satu indikator dalam standar kerja pelayanan pelabuhan menurut Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor UM.002/38/13/18/DJPL-11 yaitu mengenai waktu efektif atau effective time dibanding berth time. Penulis merumuskan masalah untuk mengetahui apakah bongkar curah kering di PT. Terminal Teluk Lamong sudah memenuhi target perusahaan, apa yang memengaruhi peningkatan effective time dalam proses bongkar curah kering, dan apa upaya yang dilakukan untuk mengatasi idle time dan not operation time untuk menigkatkan effective time di PT. Terminal Teluk Lamong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bongkar curah kering di PT. Terminal Teluk Lamong sudah memenuhi target perusahaan, mengetahui apa saja yang memengaruhi peningkatan effective time, dan mengetahui upaya yang dapat dilakukan PT. Terminal Teluk Lamong untuk mengatasi idle time dan not operation time sehingga effective time dapat meningkat. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari studi pustaka, studi lapangan, observasi, wawancara, dan dokumetasi perusahaan dengan mengelompokkan permasalahan dengan 5 (lima) kategori permasalahan yaitu manusia (man), mesin (machine), metode (method), material (material), lingkungan (environment). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu effective time belum tercapai pada sampel penelitian selama bulan Agustus 2018 sampai degan Oktober 2019 yaitu hanya 69% dari target perusahaan sebesar 73. Terdapat tiga permasalahan dominan yang menimbulkan banyak waktu not operation time dan memengaruhi peningkatan effective time yaitu hot seat change, kerusakan alat dan keterampilan operator alat bogkar curah. Apabila permasalahan dominan tersebut dapat diminimalkan, maka effective time dalam bongkar curah kering akan meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Effective Time, Idle Time, Not Operation Time, Discharge
Subjects: Skripsi > KALK
Divisions: Ketatalaksanaan Angkutan Laut
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2020 06:10
Last Modified: 09 Nov 2020 06:10
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2729

Actions (login required)

View Item View Item