OPTIMALISASI PERAWATAN TANGKI BALLAST UNTUK MENCEGAH TERJADINYA KOROSI DAN CARA PENCEGAHANNYA

SEPTIAN JOSHUA, JALES CHRISDIANTO (2020) OPTIMALISASI PERAWATAN TANGKI BALLAST UNTUK MENCEGAH TERJADINYA KOROSI DAN CARA PENCEGAHANNYA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155608N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155608 N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155608N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155608 N_SKRIPSI_OPEN ACCESS.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI SEPTIAN JOSHUA JALES CHRISDIANTO, 2020, NIT : 52155608 N, “Optimalisasi Perawatan Tangki Ballast Untuk Mencegah Terjadinya Korosi Dan Cara Pencegahannya”. Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Eko Murdiyanto, M.Pd, M.Mar, Pembimbing II: Drs Edy Warsopurnomo, M.M, M.Mar.E. Pengetahuan tentang korosi secara mendetail perlu dimiliki oleh seorang perwira kapal dalam hal merencanakan proses pengerjaan atau maintenance kapal. Pengerjaan yang baik dalam hal maintenance mutlak diperlukan oleh setiap kapal untuk menjamin operasional kapal dan efisiensi waktu serta menjaga performa dari kapal itu sendiri. Korosi merupakan permasalahan yang selalu di hadapi oleh pelaut dikarenakan material dari kapal itu sendiri yang sangat riskan terhadap korosi. Permasalahan korosi tidak dapat dihindarkan tetapi dapat dicegah seperti dengan pemberian lapisan pelindung pada permukaan logam dengan tepat, pemasangan zink anoda pada lambung kapal atau pada tangki ballast. Dalam kenyataanya proses terjadinya korosi serta kerugian kerugian yang diakibatkan kurang dimengerti sehingga hasil dari pelaksanaan penanganan terhadap korosi kurang maksimal.faktor dan cara pencegahan korosi pada setiap area pada kapal kurang maksimal, sehingga memerlukan sarana peralatan dan pengawasan agar penanganan korosi dapat diperoleh hasil semaksimal mungkin sehingga memperlama umur kapal dalam operasionalnya serta menjaga performa dari kapal itu sendiri. Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mendapatkan informasi mengapa korosi bisa terjadi di tangki ballast MV. KT 05 serta bagaimana perawatan untuk mencegah korosi. Dalam penelitian ini penulis mengunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendapatkan sumber bahan kajian dari buku yang berhubungan dengan judul yang penulis ambil, dan observasi serta pengalaman selama penulis menjalani praktek laut di kapal MV. KT 05 selama kurang lebih 12 bulan. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pencegahan dan penanganan korosi ditangki ballast haruslah menghambat terjadinya proses korosi itu sendiri sehingga proses korosi ditangki ballast dapat di minimalisir sekecil mungkin. Pemantauan terhadap pelaksanaan dari pencegahan dan penanganan korosi di tangki ballast sangatlah penting, dengan pemantauan tersebut dapat merencanakan tindakan-tindakan yang akan di ambil dan menganalisa kesalahan kesalahan dari pelaksanaan sebelumnya. ABSTRACTION SEPTIAN JOSHUA JALES CHRISDIANTO, 2020, NIT: 52155608 N, “Optimizing Ballast Tank To Prevent Corrosion And How To Prevent”, Nautical Department, program of diploma IV, Merchant Marine Polytechnic Of Semarang. Lecture I: Capt. Eko Murdiyanto, M.Pd, M.Mar. and lecture II: Drs Edy Warsopurnomo, M.M, M.Mar.E. Knowledge of corrosion in detail have to own by an officer in case of planning the process of working or vessel maintenance .Good treatment in maintenance required by every vessel to ensure vessel operation, time efficiency and maintain the performance of vessel itself. Corrosion is a case that always faced by seafarer because the vessels’ material is very risky to corrosion. Corrosion problem can’t be prevented but it can avoid by adding the protective coating on metal surface, installing the anode zinc on ship’s hull or ballast tank. In fact the corrosion process and its disadvantage is not understood so, the result of the corrosion’s treatment is not maximum. So it needs the equipment’s facilities and monitoring to get maximum result of the corrosion treatment, then it can extend the life of vessel in operation and also maintain the performance of vessel itself. The purpose of this thesis is to get information on why corrosion can occur in the MV. KT 05 ballast tank as well as how to prevent corrosion. In this research ,the writer use the method to obtain source of study materials from books which connected with the title that the writer take, and observation also experience during the writer through the sea project on MV. KT 05 for about 12 month. Based on research’s result, it can be concluded that in preventing and handling corrosion in ballast tank must inhibit the process of corrosion itself, so the process of corrosion in ballast tank can be minimalize. Monitoring the implementation of prevention corrosion in ballast tank is very important, with that monitoring can plan the actions which will taken and analyze the troubles of previous implementation

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Korosi, Perawatan, Tangki Ballast Keywords: corrosion, treatment, ballast tank
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 28 Jul 2020 02:05
Last Modified: 28 Jul 2020 02:05
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2370

Actions (login required)

View Item View Item