ANALISIS PENURUNAN KINERJA HEAT EXCHANGER PENDINGIN AIR TAWAR TERHADAP MESIN INDUK DI KAPAL MV. OMS BROMO

PENDHI, PURNOMO (2019) ANALISIS PENURUNAN KINERJA HEAT EXCHANGER PENDINGIN AIR TAWAR TERHADAP MESIN INDUK DI KAPAL MV. OMS BROMO. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img]
Preview
Pdf (51145451T_OPEN_ACCESS)
51145451.T_Open_Access.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Pdf (51145451T_FULL_TEXT)
51145451.T_Skripsi_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Pendhi Purnomo, NIT: 51145451.T, 2019, “Analisis Penurunan Kinerja Heat Exchanger Pendingin Air Tawar Terhadap Mesin Induk di MV. Oms Bromo”, skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembi,bing 1: Drs. Edy Warsopurnomo, M.M, M.Mar.E, Pembimbing II: Purnomo Dwi Atmojo, MH. Heat exchanger adalah pesawat bantu diatas kapal yang berfungsi untuk mendinginkan permesinan diatas kapal yang mengunakan dua fluida atau zat cair didalam proses kerjanya yaitu dengan mengunakan media air tawar dan air laut, heat exchanger terbagi menjadi dua bagian yaitu low temperature cooler (LT) dan high temperature cooler (HT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang faktor penyebab penyebab penurunan kinerja heat exchanger pendingin air tawar, dampak dari penurunan kinerja heat exchanger dan upaya untuk mengatasi penurunan heat exchanger. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menjabarkan teori tentang heat exchanger sebagai landasan untuk memecahkan masakah yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif (apabila dilihat dari segi tingkat penyajian) dan juga kualitatif (apabila ditinjau dari cara pengolahan data), kemudian di analisis dengan metode SHEL (Softwere Hardwere Environment Livewere) untuk menentukan masalah dari setiap faktor dan teknik analisi data USG (Urgency Seriousness Growth) untuk menentukan masalah yang menjadi prioritas utama. Dalam hal ini teknik pengumpulan data berupa pendekatan terhadap obyek melalui observasi, wawancara secara langsung terhadap subyek serta mengunakan dokumen dan data-data yang berhubungan dengan heat exchanger. Dari hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan adanya faktor penyebab masalah yang timbul pada heat exchanger yang menyebabkan penurunan kinerja heat exchanger, hal ini sangat mempengaruhi kinerja mesin induk, karena hal tersebut maka perlu adanya penangganan yang tepat terhadap gangguan pada heat exchanger, agar pendinginan pada mesin induk lebih maksimal, yaitu dengan cara melakukan perbaikan dan perawatan pada seluruh sistim yang mendukung kinerja heat exchanger. Adapaun saran penulis perusahaan juga ikut berperan dengan mengadakan pengarahan dan seminar tentang permesinan terhadap crew baru yang akan naik ke atas kapal sehingga saat terjadi permasalahan atau trouble diatas kapal dapat diatasi serta mengadakan standard operasional procedure (SOP) yang jelas diatas kapal sehingga mampu terlaksananya perawatan heat exchanger dengan baik sesuai aturan yang ditetapkan. ABSTRACT Pendhi Purnomo, NIT: 51145451.T, 2019, “Decrease Analysis of Performance of Fresh Water Cooling Heat Exchanger Against Master Machines in MV. Oms Bromo”, mini tesis Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembi,bing 1: Drs. Edy Warsopurnomo, M.M, M.Mar.E, Pembimbing II: Purnomo Dwi Atmojo, MH. Heat exchanger is an auxiliary aircraft on board that serves to cool machinery on a ship that uses two fluids or liquid substances in its working process, namely by using fresh water and sea water media, the heat exchanger is divided into two parts, namely low temperature cooler (LT) and high temperature cooler (HT). The purpose of this study was to find out about the factors causing a decrease in the performance of freshwater cooling heat exchangers, the impact of a decrease in heat exchanger performance and efforts to overcome the decrease in heat exchangers. In writing this thesis, the author describes the theory of heat exchangers as a basis for solving problems. The method used in this study is descriptive (when viewed in terms of presentation level) and also qualitative (if viewed from the method of data processing), then analyzed by the method of SHEL (Softwere Environment Livewere) to determine the problem of each factor and data analysis techniques USG (Urgency Seriousness Growth) to determine the problem that is the top priority. In this case the data collection technique is in the form of an approach to the object through observation, interviews directly with the subject and using documents and data relating to the heat exchanger. From the results of the research conducted, it was found that there are factors that cause problems that arise in the heat exchanger which causes a decrease in heat exchanger performance, this greatly affects the performance of the main engine, because it requires proper subscription to the heat exchanger, so that the engine cooling the parent is more maximal, that is by doing repairs and maintenance on all systems that support the heat exchanger performance. Adapaun advice the company also plays a role by holding briefings and seminars on machinery for new crews that will board the ship so that when problems occur or trouble on the ship can be overcome and establish a standard operational procedure (SOP) that is clear on the ship so that it can carry out heat treatment exchanger well according to the rules set.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: heat exchanger, low temperature cooler, high temperature cooler, mesin induk Keywords: heat exchanger, low temperature cooler, high temperature cooler, main engine.
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 09 Jul 2019 06:29
Last Modified: 09 Jul 2019 06:29
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1576

Actions (login required)

View Item View Item