Nur, Imansyah (2019) OPTIMALISASI PERAWATAN HATCH COVER DI MV. SRIKANDI INDONESIA GUNA MENUNJANG PROSES BONGKAR BATU BARA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (51145129 N Open Access)
51145129N_Open_Access.pdf Download (12MB) |
|
Pdf (51145129 N Fulltext skripsi)
51145129N_Skripsi_Fulltext..pdf Restricted to Repository staff only Download (22MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Nur Imansyah Dwi Rahayu, (51145129 N), 2019, “Optimalisasi Peningkatan Perawatan Hatch Cover di MV. Srikandi Indonesia Guna Menunjang Proses Bongkar Batu Bara”. Skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I: Capt. H. Agus Subardi, M.Mar. Pembimbing II : Daryanto, S.H, MM. Dalam kegiatan perawatan kapal, perawatan hatch cover sangatlah penting karena hatch cover digunakan untuk menutup palka dan melindungi muatan yang berada di dalamnya dari berbagai macam bahaya dan air laut. Pada dasarnya perawatan hatch cover bertujuan untuk menjaga agar kondisi hatch cover selalu dalam keadaan baik dan siap untuk digunakan sehingga tidak menghambat dalam proses persiapan bongkar muat. Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk menemukan faktor yang menyebabkan tidak optimalnya perawatan hatch cover yang berpengaruh terhadap kinerja hatch cover dan untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan agar perawatan dan kinerja hatch cover dapat optimal dan berfungsi dengan baik pada saat kegiatan bongkar. Metode peneitian yang digunakan adalah Fishbone, metode ini digunakan untuk menentukan faktor dari kegagalan suatu sistem yang berupa material, methode, man, nature. Selanjutnya faktor yang sudah ditemukan akan dicari akar dan penyelesainnya menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA) untuk mengetahui upaya pencegahan dalam permasalahan ini. Adapun sumber data yang digunakan yaitu riset pustaka, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan beberapa faktor yang mengakibatkan tidak optimalnya perawatan hatch cover. Kurangnya pengetahuan tentang prosedur perawatan hatch cover yang diakibatkan dari tidak dilakukannya familiarisation dengan baik. Perawatan hatch cover yang tidak sesuai dengan prosedur yang ada di kapal. Peneliti menyimpulkan upaya-upaya yang dapat dilakukan antara lain yaitu dengan lebih meningkatkan kegiatan maintenance yang baik dan sesuai dengan prosedur agar kerusakan dapat di minimalisir. Kegiatan familiarisation harus dilakukan dengan baik dan di laksanakan oleh semua officer kapal. Pelaksanaan perawatan hatch cover harus dilakukan sesuai dengan prosedur dan diawasi dengan ketat oleh chief officer. Simpulan dari skripsi ini adalah kurangnya kedisplinan terhadap kegiatan perawatan dan tidak dilaksanakannya prosedur perawatan hatch cover dengan baik dan benar. Maka disarankan agar perawatan hatch cover harus dilakukan dengan baik dan benar, dilakukan pengawasan yang ketat terhadap setiap kegiatan perawatan sesuai prosedur yang ada dan perwira deck hendaknya berkoordinasi dengan perwira mesin yang bertanggung jawab atas kerja dari mesin dan pompa-pompa hidrolik hatch cover agar tercipta koordinasi yang baik, suasana kerja yang baik dan nyaman. ABSTRACT Nur Imansyah Dwi Rahayu, (51145129 N), 2019, ” Optimization of Hatch Cover Maintenance Improvement in MV. Srikandi Indonesia To Support Coal Unloading Process". Thesis Nautika Study Program, Diploma IV Program, Semarang Merchant Marine Polytechnic. Advisor I: Capt. H. Agus Subardi, M.Mar. Advisor II: Daryanto, S.H, MM. In ship maintenance activities, hatch cover maintenance is very important because the hatch cover is used to close the hatch and protect the load inside it from various hazards and sea water. Basically, hatch cover maintenance aims to keep the hatch cover condition in good condition and ready for use so that it does not hamper the process of preparing loading and unloading. The purpose of the writer to do this research is to find out the factors that cause not optimal hatch cover treatments that affect the performance of the hatch cover and to determine the efforts that can be made so that the maintenance and performance of the hatch cover can be optimal and function properly during loading and unloading activities. The research method used is Fishbone, this method is used to determine the factors of failure of a system in the form of material, method, man, nature. Furthermore, the found factors will be searched for roots and solutions using the Fault Tree Analysis (FTA) method to find out prevention efforts in this problem. The data sources used are library research, interviews and documentation. The results of this study found several factors that resulted in not optimal hatch cover treatment. Lack of knowledge about hatch cover treatment procedures resulting from not doing familiarization properly. Hatch cover treatment that is not in accordance with the procedures on the ship. The researcher concluded that the efforts that can be made include increasing the maintenance activities that are good and in accordance with the procedure so that damage can be minimized. Familiarisation activities must be carried out well and carried out by all ship officers. The implementation of hatch cover maintenance must be carried out in accordance with the procedures and closely monitored by the chief officer. The conclusion of this thesis is the lack of discipline on maintenance activities and the lack of proper hatch cover maintenance procedures. So it is recommended that hatch cover maintenance must be carried out properly and correctly, strict supervision is carried out on every maintenance activity according to the existing procedures and deck officers should coordinate with machine officers who are responsible for the work of the engine and hydraulic hatch cover pumps to create coordination good, good and comfortable working atmosphere.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Perawatan, Hatch cover. Keywords: Maintenance, Hatch cover. |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 06 Jan 2020 03:23 |
Last Modified: | 06 Jan 2020 03:23 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2212 |
Actions (login required)
View Item |