IDENTIFIKASI MENURUNNYA SUHU MUATAN YANG BERPENGARUH KURANG OPTIMALNYA BONGKAR MUATAN MARINE FUEL OIL DI MT. MEDELIN EXPO

GILANG, PAMBUDI S (2019) IDENTIFIKASI MENURUNNYA SUHU MUATAN YANG BERPENGARUH KURANG OPTIMALNYA BONGKAR MUATAN MARINE FUEL OIL DI MT. MEDELIN EXPO. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img]
Preview
Pdf (511145182N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145182N_Open_Acces.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Pdf (511145182N_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145182N_Skripsi_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Gilang Pambudi Supar.2019, Identifikasi Menurunnya Suhu Muatan yang Berpengaruh kurang Optimalnya Bongkar Muatan Marine Fuel Oil di MT. Medelin Expo. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing : (1) Capt Dodik Widarbowo, MT,M.Mar. (II) R.A.J Susilo Hadi Wibowo, S.IP., MM Latar belakang terhadap permasalahan adalah turunnya suhu muatan marine fuel oil yang semula 55̊ C menjadi 40̊ C dan pompa yang bekerja tidak optimal dalam membongkar muatan sehingga menyebabkan bongkar muatan marine fuel oil menjadi terlambat. Landasan teori dalam penelitian yaitu memaksimalkan bongkar muatan marine fuel oil di kapal serta antisipasi menurunnya suhu muatan akibat kurangnya heating muatan. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode penggabungan metode fishbone (tulang ikan) dengan Fault Tree Analysis (FTA) yang berisi pemaparan, uraian dan penjelasan tentang suatu obyek sebagai mana adanya pada waktu tertentu dan mengambil kesimpulan dan keputusan secara umum. Dari hasil penelitian yang peneliti laksanakan, bahwa ada banyak penyebab terjadinya kebocoran pada pipa pemanas dalam boiler, dari penyebab-penyebab tersebut dianalisa untuk menemukan penyebab utama.di MT Medelin Expo terjadi kebocoran pada pipa pemanas dalam boiler yang disebabkan karena retaknya pipa pemanas. Karena perawatan yang tidak sesuai, kurangnya pengechekan secara berkala, serta kualitas bahan pipa yang menyebabkan korosi. Sehingga dalam pelaksanaan heating muatan kurang diterima di tanki-tanki muatan. Untuk menangani masalah tersebut berdasarkan penelitian oleh penulis dapat dilakukan dapat dilakukan upaya perawatan secara rutin, pengelasan, serta pergantian spare part. ABSTRACT Gilang Pambudi Supar.2019, Identification of Decreasing Load Temperature That Influences Less Optimal Unloading Marine Fuel Oil In MT. Medelin Expo. Polytechnic of Semarang Shipping Sciences. Counselor: (I) Capt Dodik Widarbowo, MT, M.Mar. (II) R.A.J Susilo Hadi Wibowo, S.IP., MM The Background of the problem is the decrease of marine fuel oil loading temperature which was originally 55̊ C to 40̊ C and the pump that worked was not optimal in loading and unloading which caused the loading of marine fuel oil to be late. The theoretical foundation in the research is to maximize the loading of marine fuel oil on ships and anticipate decreasing load temperatures due to a lack of heating load. The research method used is the method of combining fishbone method with Fault Tree Analysis (FTA) which contains exposure, description and explanation of an object as where it is at a certain time and draw conclusions and decisions in general. From the results of the research that the researchers conducted, that there were many causes of leaks in the heating pipes in the boiler, the causes were analyzed to find the main cause. In the MT Medelin Expo there was a leak in the heating pipe in the boiler caused by the heating pipe cracking. Due to improper maintenance, a lack of periodic checks, and the quality of pipe materials that cause corrosion. So that the implementation of the charge heating is less acceptable in cargo tanks. To deal with these problems based on research by the author can be done routinely maintenance efforts, welding, and replacement of spare parts.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Optimal, Bongkar, Marine fuel oil Keywords : Optimal, Unloading, Marine fuel oil
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 14 Oct 2019 01:08
Last Modified: 14 Oct 2019 01:08
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1723

Actions (login required)

View Item View Item