PENANGANAN MUATAN BATU BARA TERBAKAR DI MV. SRI WANDARI INDAH

TEGUH, AGUNG PRIHANTO (2019) PENANGANAN MUATAN BATU BARA TERBAKAR DI MV. SRI WANDARI INDAH. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145170N_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145170N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img]
Preview
Pdf (51145170N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145170N_OPEN_ACCESS.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Teguh Agung Prihanto, 2019, NIT : 51145170 N, “Penanganan Muatan Batu Bara Terbakar di MV.Sri Wandari Indah”, Skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Capt. H. Agus Subardi, M.Mar, Pembimbing II : Poernomo Dwi Atmodjo, M.H. Batu bara termasuk salah satu muatan berbahaya dimana batu bara dapat memanas atau terbakar sendiri. Dengan dasar teori itu peneliti merumuskan masalah tentang faktor apa saja yang menyebabkan terbakarnya muatan batu bara di atas kapal MV. Sri Wandari Indah, bagaimana cara penanggulangan muatan batu bara yang terbakar di MV. Sri Wandari Indah, dan bagaimana upaya mencegah kebakaran muatan batu bara terbakar di MV. Sri Wandari Indah yang digunakan dalam pembuatan laporan penelitian. Menurut World Coal Institute (WCI) (2005:2), Batu bara adalah bahan bakar fosil yang dapat terbakar sendiri, terbentuk dari endapan, batuan organik yang terutama terdiri dari karbon, hydrogen dan oksigen. Menurut Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (DK3N) terbakar adalah suatu peristiwa bencana yang berasal dari api yang tidak dapat dikehendaki yang dapat menimbulkan kerugian, baik kerugian materi maupun kerugian yang non-materi hingga kehilangan nyawa atau cacat tubuh yang ditimbulkan akibat kebakaran. Jadi menurut peneliti batu bara terbakar adalah nyala api yang tidak dikehendaki pada batu bara yang terjadi secara alami. Metode analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif kualitatif. Deskriptif adalah suatu metode penelitian yang digunakan dalam penelitian deskriptif untuk menggambarkan fenomena yang ada. Kualitatif adalah pengamatan, wawancara atau penelaahan dokumen, metode kualitatif ini digunakan karena beberapa pertimbangan. Berdasarkan permasalahan dan fakta yang telah diuraikan dalam hasil penelitian sehingga diketahui faktor-faktor penyebab terjadinya muatan batu bara yang terbakar ketika pemuatan di MV. Sri Wandari Indah dengan faktor utama penyebab kebakaran adalah nyala api dikarenakan terpenuhinya unsur segitiga api. Penanganan yang dilakukan adalah dengan memutus rantai segitiga api, serta dilakukan pembongkaran pada batu bara yang terbakar, kemudian upaya pencegahan yang dilakukan adalah mengupayakan untuk meniadakan unsur segitiga api yang dimaksudkan adalah unsur oksigen dengan pemadatan ruang muat, dan juga memaksimalkan fungsi ventilasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, faktor yang menyebabkan terjadinya muatan batu bara terbakar di MV. Sri Wandari Indah adalah terpenuhinya unsur segitiga api, adanya ruang kosong dalam palka, sifat batu bara yang mengeluarkan gas yang mudah terbakar. Kondisi lingkungan sekitar yang bersuhu tinggi (panas) yang memicu muatan batu bara terbakar, kurangnya pengetahuan awak kapal terhadap bahaya yang ditimbulkan dan cara penanganan muatan batu bara yang terbakar. ABSTRACT Teguh Agung Prihanto, 2019, NIT : 51145170 N, “Penanganan Muatan Batu Bara Terbakar di MV. Sri Wandari Indah”, Script of Nautical Study Program, Diploma IV Program, Semarang Merchant Marine Polytechnics, 1st Supervisor : Capt. H. Agus Subardi, M.Mar, 2nd Supervisor : Poernomo Dwi Atmodjo, M.H. Coal is one of the dangerous charges where coal can heat up or burn on its own. On the basis of the theory, the researcher formulated a problem about what factors caused the burning of coal loads on the MV vessel. Sri Wandari Indah, how to overcome the coal load that burned in the MV. Sri Wandari Indah, and how to prevent burning of coal burning in the MV. Sri Wandari Indah used in making research reports. According to the World Coal Institute (WCI) (2005: 2), coal is a fossil fuel that can burn itself, formed from deposits, organic rocks consisting mainly of carbon, hydrogen and oxygen. According to the Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (DK3N) a fire is a catastrophic event originating from an undesirable fire which can cause loss, both material loss and non-material losses to loss of life or bodily disability caused by fire. So according to the author of burning coal is a flame on unwanted coal that occurs naturally. The data analysis method used by researchers is a qualitative descriptive method. Descriptive is a research method used in descriptive research to describe existing phenomena. Qualitative is observation, interview or document review, this qualitative method is used for several reasons. Based on the problems and facts that have been described in the results of the study so that the factors causing the occurrence of coal loads are burned when loading in the MV. Sri Wandari Indah with the main factor causing fires is the fire due to the fulfillment of the fire triangle element. Handling is done by breaking the chain of fire triangles, as well as demolition of burning coal, then prevention efforts are carried out to strive to eliminate the intended element of the fire triangle is the oxygen element with compaction of the cargo space, and also maximize the function of ventilation. Based on the results of research conducted by researchers, the factors that caused the coal load to burn in the MV. Sri Wandari Indah is the fulfillment of the fire triangle element, the empty space in the hold, the nature of coal which emits flammable gas. The surrounding environment with high temperature (heat) that triggers coal loads burns, lack of knowledge of the crew of the danger caused and how to handle coal loads that burn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Penanganan, muatan batu bara, terbakar. Keywords: Handling, coal load, burning.
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 19 Sep 2019 04:17
Last Modified: 19 Sep 2019 04:17
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1652

Actions (login required)

View Item View Item