METODE PENANGGULANGAN RESIDU CLINKER PADA MAIN DECK DI MV. MANALAGI HITA

FARIED, BRAMANTYA (2019) METODE PENANGGULANGAN RESIDU CLINKER PADA MAIN DECK DI MV. MANALAGI HITA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145180N_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145180N_Skripsi_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Pdf (51145180N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145180N_Open_Access.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Faried Bramantya, 2019, NIT: 51145180 N, “Metode Penanggulangan Residu Clinker pada Main Deck di MV. Manalagi Hita”, skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I:Capt. Ali Imran Ritonga, M.M, M.Mar, Pembimbing II: Capt. Firdaus Sitepu, S.ST, M.Si, M.Mar. Clinker adalah jenis muatan yang berfungsi sebagai bahan utama yang digunakan untuk pembuatan semen. Pada umumnya clinker adalah muatan yang mudah mengeras apabila terkena air, disamping itu muatan ini juga sangat berdebu. Pada saat proses pembongkaran clinker memerlukan persiapan yang maksimal serta dilakukan tindakan yang preventif untuk menghindari kerusakan muatan yang terjadi, karena clinker adalah muatan yang mudah rusak. Banyak masalah yang timbul ketika pelaksanaan pembongkaran clinker berlangsung, yaitu pelaksanaan proses bongkar clinker yang tidak sesuai dengan prosedur menyebabkan banyaknya residu clinker yang jatuh di atas main deck MV. Manalagi Hita. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian dengan tujuan menjadikan pelaksanaan bongkar clinker tidak terjadi pengerasan di atas main deck dan bisa menanggulanginya. Penelitian ini dilaksanakan diatas kapal MV. Manalagi Hita selama 12 bulan. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan secara terperinci tentang metode penanggulangan residu clinker di atas main deck kapal. Data yang didapat penulis dalam melakukan penelitian terdiri dari data primer yang diperoleh dari riset lapangan, dokumentasi dan wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka yang didapat dari berbagai sumber. Penelitian ini menggunakan teknik analisa data yaitu Fish Bone Analysis untuk menentukan akar permasalahan dan SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman) untuk mencari penyelesaian masalah terhadap pengerasan residu clinker di atas main deck MV. Manalagi Hita, sehingga dapat ditemukan solusinya. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, maka dapat disimpulkan yaitu faktor penyebab pengerasan residu clinker diatas main deck adalah dari berbagai faktor, yaitu faktor lingkungan, faktor manusia, faktor bahan dan faktor peralatan. Metode yang dilakukan yaitu dengan melakukan (1) penggunaan tarpaulin dan air gula (2) perwira harus memastikan bahwa operator crane pada saat pelaksaanaan bongkar harus memiliki keterampilan (3) melaksanakan dan melakukan perawatan pada alat bongkar muat sebelum pelaksanaan bongkar clinker dimulai sehingga pelaksanaan bongkar clinker berjalan dengan lancar ABSTRACT Faried Bramantya, 2019, NIT: 51145180.N, “Reduction Method Clinker residue on the Main Deck, MV. Manalagi Hita" Nautical Thesis, Diploma IV Program, Semarang Merchant Marine Polytechnic, Material Adviser (I): Capt. Ali Imran Ritonga, M.M, M.Mar, and as Methodologi and Writing Adviser (II): Capt. Firdaus Sitepu, S.ST, M.Si, M.Mar. Clinker is the type of cargo that serves as the main material used for the manufacture of cement. In general, a clinker easily harden when exposed to water, in addition to the cargo is also very dusty. In the process of discharge the clinker required maximum preparation and preventive measures to avoid the damage that occurs due to clinker cargo is perishable cargo. Many of the problems that arise when implementing the demolition of clinker, namely the implementation of the process of discharge clinker which is not in accordance with the procedure caused many clinker residue that falls above the main deck of MV. Manalagi Hita. Because of that, the writer conduct research with the objection to make the discharging activity of clinker will not be harden on the main deck and can prevent it. A research was conducted aboard the MV. Manalagi Hita for 12 months. The method used in this research is qualitative descriptive method by describing in some detail the mitigation method clinker residues above the main deck. Data obtained in the conduct of the research consisted of primary data obtained from field research, documentation and interviews and secondary data obtained from the literature obtained from various sources. This research used data analysis techniques that fish bone analysis as the data analysis technic to find the root of problem and SWOT (strength, weakness, opportunity, threat) to search for the problem solving to the hardening residue of clinker on the main deck of MV. Manalagi Hita, so the solution can be found. From the result that the writer conducted, so it can be concluded that the factors of hardening residue of clinker on the main deck are from so many factor, they are environment factor, human factor, materials factor and tools factor. The methods that are conducted are by (1) the tarpaulin usage and sugar water (2) officer should ensure that the crane operator when discharging activity should have skill (3) do and conduct treatment to the discharging tools before discharging tool of clinker started so that the discharging activity can work well.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bongkar, residu, main deck, metode Key words : discharge, residue, main deck, methode
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 16 Sep 2019 04:22
Last Modified: 16 Sep 2019 04:22
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1629

Actions (login required)

View Item View Item