DANNY, ARIF SETIAWAN (2017) OPTIMALISASI PERAWATAN MAIN ENGINE FRESH WATER COOLING DENGAN METODE HAZOP DI MV. DK01. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
|
Text (BAB V)
FIX BAB 5.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text (Cover)
FIX COVER (MERAH).pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
FIX DAFTAR ISI.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
FIX DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text (Motto)
FIX MOTTO.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text (Pengesahan)
FIX HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (824kB) | Preview |
|
|
Text (Persetujuan)
FIX HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (828kB) | Preview |
|
|
Text (Kata Pengantar)
FIX KATA PENGANTAR.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text (Persembahan)
FIX HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
FIX PROSIDING.pdf Download (555kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
FIX ABSTRACT.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text (Pernyataan)
FIX HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (813kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
FIX ABSTRAKSI.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
FIX BAB 2.pdf Download (499kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FIX BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
FIX BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB I)
FIX BAB 1.pdf Download (469kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAKSI Danny Arif Setiawan, 2017, NIT: 49124654.T, “optimalisasi perawatan main engine fresh water cooling di MV. DK01 dengan metode hazop”, skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: F. Pambudi Widiatmaka, St, Mt Pembimbing II: Capt. Samsul Huda, MM, M.Mar. Dalam dunia maritim saat ini, persaingan didalam penggunaan jasa transportasi angkutan laut sangatlah ketat sehingga perusahaan pelayaran sangat mengutamakan pelayaran yang baik dan memuaskan. Upaya yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan menjaga keamanan, ketepatan dan penghematan dalam pelayaran. Pada umumnya kapal-kapal sekarang menggunakan mesin diesel, baik untuk penggerak utamanya ataupun sebagai mesin bantu, dikarenakan mesin diesel sangat efisien. Guna memenuhi kebutuhan armada pelayaran, maka kapal harus dalam kondisi baik. Sebagai bahan pendingin pada mesin diesel dapat digunakan seperti udara, air dan minyak. Ketiga bahan pendingin ini air merupakan bahan pendingin yang sangat baik untuk menyerap panas. Dalam melakukan proses pendinginan, temperatur air pendingin yang ideal yaitu 700C-800C dan sebagai media pendingin adalah air tawar dan air laut. Air laut biasa digunakan dalam sistem pendingin tetapi dapat mengakibatkan timbulnya korosi pada permukaan yang dikenai air pendingin dan juga akan terjadi pembentukan kerak keras pada bagian permukaan yang didinginkan sehingga mengganggu perpindahan panas dan membuat saluran pendingin yang sempit dan menjadi tersumbat. Terganggunya perpindahan panas yang disebabkan oleh air laut, digunakanlah sistem pendinginan dengan air tawar, air tawar memiliki keuntungan yaitu semua permukaan logam yang dikenai air pendingin terhindar dari karat (korosi) material tersebut mempunyai daya tahan lebih lama dan korosi yang ditimbulkan jauh lebih baik dan juga tidak mengakibatkan pengendapan kerak pada suatu permukaan logam. Sistem pendingin yang ada di kapal tempat penulis melaksanakan praktek laut menggunakan air tawar dan air laut sebagai bahan pendingin mesin induk. Air laut digunakan sebagai pendingin untuk menyerap panas yang ada pada fresh water cooler. Mengingat pentingnya sistem pendingin air tawar dalam pengoperasian mesin induk di kapal perlu diperhatikan untuk menjaga temperatur air pendingin agar tetap normal. Kata kunci: Optimalisasi, Main Engine Fresh Water Cooling, Hazop, MV. DK01
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Optimalisasi, Main Engine Fresh Water Cooling, Hazop, MV. DK01 |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 04 Feb 2019 02:07 |
Last Modified: | 06 Feb 2019 02:17 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/819 |
Actions (login required)
View Item |