OPTIMALISASI PEMENUHAN MUATAN TOL LAUT DALAM MENDUKUNG PROGRAM PEMERINTAH OLEH PT MERATUS LINE CABANG SURABAYA

NALA, INAYATUZ ZAID (2025) OPTIMALISASI PEMENUHAN MUATAN TOL LAUT DALAM MENDUKUNG PROGRAM PEMERINTAH OLEH PT MERATUS LINE CABANG SURABAYA. Diploma thesis, PIP SEMARANG.

[img] Pdf (582111337956K_SKRIPSI_FULLTEXT)
582111337956K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Pdf (582111337956K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
582111337956K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (7MB)
[img] Pdf (582111337956K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
582111337956K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://library.pip.semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Zaid, Nala Inayatuz. 582111337956 K. 2025. “Optimalisasi Pemenuhan Muatan Tol Laut Dalam Mendukung Program Pemerintah Oleh PT Meratus Line Cabang Surabaya”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut Dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Okvita Wahyuni, S.ST, M.M., Pembimbing II : Tri Budi Prasetya, S.SiT., M.M. Pelaksanaan program tol laut dilakukan oleh PT. Meratus Line sebagai operator kapal. Pengangkutan muatan menuju ke Kupang mengalami ketidaksesuaian dengan alokasi slot yang ditentukan. Hal tersebut mengakibatkan membengkaknya biaya THC (Terminal Handling charges), blank sailing, dan complain dari perusahaan lain. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui ketentuan muatan tol laut berdasarkan Peraturan Pemerintah, mengetahui dampak yang akan terjadi apabila muatan tol laut tidak terpenuhi, dan mengetahui strategi dalam memaksimalkan muatan tol laut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Informan dalam penelitian ini terdiri dari divisi operation dan Customer Service. Data yang dipilih kemudian di analisis dengan teori Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa penyebab muatan tol laut didalam palka kurang maksimal disebabkan oleh ketidaksiapan muatan tol laut maupun muatan pengganti, dan kurangnya koordinasi dengan pelanggan maupun dengan pihak terminal. Sebaiknya, pihak operation dan customer service melakukan pengecekan ulang dan mengkoordinasikan kembali mengenai kondisi kapal maupun kesiapan muatan untuk menghindari kekosongan muatan. Selain itu, pihak perusahaan memberikan privillage untuk pelanggan yang memiliki jadwal pelayaran tetap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Tol Laut, Muatan, Customer Service
Subjects: Skripsi > TALK
Divisions: TALK
Depositing User: person person person
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:51
Last Modified: 30 Jul 2025 03:51
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6500

Actions (login required)

View Item View Item