Tri, Septa Aditya (2025) ANALISIS TERJADINYA SURGING PADA TURBOCHARGER GUNAKELANCARAN PENGOPERASIAN MESIN DIESEL GENERATOR DI MV. COSMO GLORIA. Diploma thesis, PIP SEMARANG.
![]() |
Pdf (582111228053T_SKRIPSI_FULLTEXT)
582111228053T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Pdf (582111228053T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
582111228053T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
![]() |
Pdf (582111228053T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
582111228053T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (393kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Aditya, Tri Septa. 2025. “Analisis Terjadinya Surging Pada Turbocharger Guna Kelancaran Pengoperasian Mesin Diesel Generator Di MV.Cosmo Gloria”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Andy Wahyu Hermanto,S.T.,MT., Pembimbing II: Dr. Ali Muktar Sitompul, M.T, M.Mar.E. Turbocharger adalah komponen tambahan pada mesin yang berfungsi meningkatkan aliran massa udara yang masuk ke dalam silinder sehingga performa mesin bertenaga. Perawatan perlu dilakukan secara cermat dan mengikuti petunjuk yang tercantum dalam buku panduan. Namun, kerusakan pada turbocharger menyebabkan tekanan udara yang masuk kedalam silinder berkurang, yang menyebabkan surging pada turbocharger. Menurut pengalaman peneliti ditemukan masalah surging pada turbocharger generator terdengar suara mendengung yang sangat keras dari mesin diesel generator dan menurunya tekanan udara yang masuk ke dalam silinder. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor penyebab, dampak terjadinya surging pada turbocharger mesin diesel generator guna kelancaran pengoperasian, serta upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data RCA (Root Cause Analysis) 5 why guna memperoleh hasil akar penyebab dari penelitian yang dilakukan. Dengan itu peneliti dapat lebih mudah menemukan akar masalah dari penyebab terjadinya surging pada turbocharger. Hasil penelitian menunjukkan bahwa surging pada turbocharger disebabkan bagian compressor side kotor, bagian turbine side kotor, kondisi beban yang salah dan air filter kotor serta dampak faktor tersebut yaitu compressor side kotor menyebabkan back pressure, menurunya tekanan udara didalam compressor side, tekanan udara didalam compressor side tidak stabil dan putaran compressor berat. Turbine side kotor menyebabkan back pressure, aliran exhaust gas tidak stabil dan putaran turbine dan tekanan exhaust gas rendah. Kondisi beban yang salah menyebabkan back pressure, aliran udara tidak stabil pada turbocharger, tekanan udara pada turbocharger rendah dan putaran (RPM) mesin tidak stabil dan air filter turbocharger kotor menyebabkan back pressure, tekanan udara didalam compressor side rendah, tekanan udara didalam compressor side tidak stabil dan aliran udara menuju turbocharger terhambat. Upaya untuk mengatasi surging pada turbocharger yaitu membersihkan bagian compressor side yang kotor, membersihkan bagian turbine side yang kotor, membagi beban generator (adjust load condition) dan mengganti air filter yang kotor. Untuk itu perlunya dilakukan pembersihan pada compressor side dan turbine side setiap minggu sebelum diesel generator dimatikan agar turbocahrger dalam keadaan baik dan normal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Surging, Turbocharger, Diesel Generator |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 02:52 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 02:52 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6492 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |