Penurunan Tekanan Pilot fuel Pada Dual fuel Auxiliary engine Kapal Coral Energy

Satrio, Adjie Purnomo (2025) Penurunan Tekanan Pilot fuel Pada Dual fuel Auxiliary engine Kapal Coral Energy. Diploma thesis, PIP SEMARANG.

[img] Pdf (582111228050T_PROSIDING_FULLTEXT)
582111228050T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB) | Request a copy
Official URL: https://library.pip.semarang.ac.id

Abstract

Kapal Coral Energy merupakan kapal pengangkut LNG yang menggunakan dual fuel engine, yaitu sistem mesin yang dapat menggunakan bahan bakar minyak dan gas. Pada 31 Mei 2024, terjadi penurunan tekanan pilot fuel yang menyebabkan kegagalan gas mode pada auxiliary engine sehingga mesin berpindah ke back-up mode. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab gangguan tersebut, dampaknya, dan langkah perbaikannya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan pendekatan Root Cause Analysis (RCA) dan Fault Tree Analysis (FTA). Hasil menunjukkan bahwa kebocoran pada pilot fuel injector dan pipa pilot fuel menjadi penyebab utama penurunan tekanan. Dampaknya meliputi kegagalan gas mode, penurunan efisiensi bahan bakar dan peningkatan konsumsi bahan bakar, peningkatan polusi, dan kerusakan komponen. Perbaikan dilakukan dengan penggantian komponen rusak, uji coba mesin, serta peningkatan perawatan sistem pilot fuel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pilot fuel, Dual fuel auxiliary engine, Gas mode
Subjects: Prosiding > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 30 Jul 2025 02:44
Last Modified: 30 Jul 2025 02:44
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6491

Actions (login required)

View Item View Item