Satrio, Adjie Purnomo (2025) Penurunan Tekanan Pilot fuel Pada Dual fuel Auxiliary engine Kapal Coral Energy. Diploma thesis, PIP SEMARANG.
![]() |
Pdf (582111228050T_PROSIDING_FULLTEXT)
582111228050T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (678kB) | Request a copy |
Abstract
Kapal Coral Energy merupakan kapal pengangkut LNG yang menggunakan dual fuel engine, yaitu sistem mesin yang dapat menggunakan bahan bakar minyak dan gas. Pada 31 Mei 2024, terjadi penurunan tekanan pilot fuel yang menyebabkan kegagalan gas mode pada auxiliary engine sehingga mesin berpindah ke back-up mode. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab gangguan tersebut, dampaknya, dan langkah perbaikannya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan pendekatan Root Cause Analysis (RCA) dan Fault Tree Analysis (FTA). Hasil menunjukkan bahwa kebocoran pada pilot fuel injector dan pipa pilot fuel menjadi penyebab utama penurunan tekanan. Dampaknya meliputi kegagalan gas mode, penurunan efisiensi bahan bakar dan peningkatan konsumsi bahan bakar, peningkatan polusi, dan kerusakan komponen. Perbaikan dilakukan dengan penggantian komponen rusak, uji coba mesin, serta peningkatan perawatan sistem pilot fuel.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Pilot fuel, Dual fuel auxiliary engine, Gas mode |
Subjects: | Prosiding > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 02:44 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 02:44 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6491 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |