NANDI, FAIZIN MUSYAFFA (2025) ANALISIS PENURUNAN KINERJA RELIQUEFACTION SYSTEM TERHADAP TEMPERATUR DAN TEKANAN KARGO DI LPG/C PERTAMINA GAS 1. Diploma thesis, PIP SEMARANG.
![]() |
Pdf (582111118119N_SKRIPSI_FULLTEXT)
582111118119N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Pdf (582111118119N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
582111118119N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (3MB) |
![]() |
Pdf (582111118119N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
582111118119N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (434kB) |
Abstract
ABSTRAKSI NANDI FAIZIN MUSYAFFA. 2025 “Analisis Pengaruh Penurunan Kinerja Reliquefaction System terhadap Temperatur dan Tekanan Kargo di LPG/C Pertamina Gas 1” Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembibing I: Dr. Capt Karolus Geleuk Sengadji., M.M., M.H, Pembimbing II: Drs. Suharto, M.T. Gas released merupakan suatu peristiwa yang sangat tidak diharapkan oleh kapal LPG, dikarenakan menimbulkan banyak resiko yang membahayakan bagi seluruh awak kapal dan operasi. Terjadinya gas released dikarenakan tingginya temperatur dan tekanan di dalam tangki kargo yang melebihi M.A.R.V.S (Maximum Allowable Relief Valve System). Tingginya temperatur dan tekanan kargo dalam tangki ini disebabkan oleh menurunnya kinerja reliquefaction system sehingga tidak bekerja dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab menurunnya kinerja reliquefaction system dalam menanggulangi agar peristiwa yang sama tidak terjadi dikemudian hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan menerapkan metode analisis data SHEL (Software, Hardware, Environment, liveware) dengan membandingkan tiap komponen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka berupa foto, dokumen dan manual yang relevan dengan penelitian. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi (sumber, teknik dan waktu). Hasil penelitian menunjukan bahwa kurangnya pemeliharaan dan perawaatan terhadap instrumen kompresor menyebabkan menurunnya kinerja reliquefaction system. Seawater filter yang kotor dan pompa air laut yang korosi menjadi salah satu faktor penyebabnya. Perawatan dan pemeliharaan sesuai dengan plan maintenance system dan standar operasional prosedur perlu diaplikasikan dalam menjaga kinerja sistem ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Reliquefaction system, instrumen kompresor, gas released |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:56 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:56 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6480 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |