M. DICKY, TARUNA (2025) “Optimasi Produksi Air Tawar Pada Fresh Water Generator di MV. Maersk Noresund: Sebuah Pendekatan Kuantitatif“. Diploma thesis, PIP SEMARANG.
![]() |
Pdf (572011237731T_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011237731T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
![]() |
Pdf (572011237731T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011237731T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (7MB) |
![]() |
Pdf (572011237731T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011237731T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (59kB) |
Abstract
ABSTRAKSI M. Dicky Taruna. 2025. “Optimasi Produksi Air Tawar Pada Fresh Water Generator di MV. Maersk Noresund: Sebuah Pendekatan Kuantitatif”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. A Agus Tjahjono M.M, M.Mar.E., pembimbing II: Capt. Indah Saraswati, S.Pd., M.T., M.Mar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penurunan produksi air tawar pada Fresh Water Generator yang disebabkan oleh adanya endapan garam yang terdapat di tube condenser dan separator sell. Rumusan penelitian ini adalah apa faktor penyebab penurunan produksi air tawar pada FWG, apa dampak penurunan produksi air tawar pada FWG, bagaimana upaya pada FWG untuk optimasi produksi air tawar, bagaimana pengaruh variabel bebas yang dimediasi oleh kinerja FWG terhadap operasional kapal. Air tawar memainkan peran yang sangat penting dalam kinerja fresh water generator. Berdasarkan pengalaman penulis, pada kondisi ini mengurangi efisiensi FWG, membatasi ketersediaan air tawar untuk operasional kapal, dan meningkatkan biaya operasional karena kebutuhan pengadaan air tawar tambahan. Optimalisasi produksi FWG dapat dicapai melalui perawatan berkala, memastikan penggunaan suku cadang asli dan berkualitas tinggi, serta penerapan teknologi pemantauan keadaan mesin. Langkah ini membantu mendeteksi potensi kerusakan lebih awal dan menjaga kinerja mesin secara maksimal. Penurunan produksi FWG disebabkan oleh beberapa faktor utama, termasuk kurangnya perawatan berkala pada mesin, lingkungan operasional kapal yang tidak stabil, dan penggunaan suku cadang yang tidak asli atau berkualitas rendah. Faktor-faktor ini berkontribusi pada penurunan kualitas dan ketahanan mesin FWG, meningkatkan risiko kerusakan serius. Penurunan produksi air tawar berdampak pada terganggunya fungsi evaporator dan kondensor akibat endapan garam (scalling). Berdasarkan temuan masalah yang telah terjadi serta hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti pada praktek laut di kapal MV. Maersk Noresund yang kemudian pengolahan datanya menggunakan smart PLS, Peneliti dapat memberikan saran. menyarankan untuk memastikan perawatan berkala pada FWG serta penggunaan suku cadang asli dan berkualitas tinggi, penerapan teknologi pemantauan kinerja mesin untuk mendeteksi potensi kerusakan sejak dini, peningkatan kerja sama dengan terkait peneliti dan juga menyarankan agar penelitian dan perawatan mesin FWG melibatkan lebih banyak pihak terkait.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: fresh water generator, penurunan produksi air tawar, operasional kapal, SmartPLS. |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:22 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:22 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6476 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |