ANALISIS TINGGINYA TEMPERATUR GAS BUANG NO.6 YANG MENYEBABKAN GANGGUAN OPERASIONAL PADA MESIN INDUK AHTS. OPS AORA

ALAN, SHEVA PRATAMA (2024) ANALISIS TINGGINYA TEMPERATUR GAS BUANG NO.6 YANG MENYEBABKAN GANGGUAN OPERASIONAL PADA MESIN INDUK AHTS. OPS AORA. Diploma thesis, PIP SEMARANG.

[img] Pdf (572011237722T_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011237722T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (572011237722T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011237722T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (572011237722T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011237722T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (63kB)
Official URL: https://library.pip.semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Sheva Pratama, Alan, 2024. “Analisis Tingginya Temperatur Gas Buang No.6 Yang Menyebabkan Gangguan Operasional Pada Mesin Induk AHTS OPS AORA”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Darul Prayogo, M.Pd., Pembimbing II: Irma Shinta Dewi, M.Pd. Mesin Induk adalah mesin utama pada kapal mencakup seluruh sistem permesinan yang berfungsi sebagai penggerak utama kapal. Pada penelitian ini terdapat permasalahan mengenai tingginya temperatur gas buang pada mesin induk, yaitu sebessar 500°C. Sedangkan tekanan normal yang dianjurkan adalah sebesar 310 470°C. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penyebab, dampak serta upaya untuk mengatasi tingginya temperatur gas buang pada mesin induk tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan fishbone diagram analysis untuk menemukan akar penyebab dari permasalahan. Dan dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta menggunakan tiga triangulasi untuk pengujian keabsahan data yaitu, triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Kemudian data tersebut dianalisis sehingga menghasilkan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa temperatur gas buang yang tinggi disebabkan oleh kebocoran pada exhaust valve seat dan penyumbatan pada saluran jacket cooling water Sehingga dampak yang ditimbulkan adalah exhaust valve seat yang mengalami keausan. Upaya penanganan yang dilakukan terhadap tingginya temperatur gas buang pada mesin induk ini adalah dengan membersihkan saluran jacket cooling water dan mengganti exhaust valve seat pada mesin induk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Exhaust Valve Seat, Fishbone Analysis, Mesin Induk, Temperatur
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 25 Jul 2025 01:56
Last Modified: 25 Jul 2025 01:56
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6468

Actions (login required)

View Item View Item