OPTIMASI KINERJA BALLAST WATER TREATMENT SYSTEM DI MV. PHOENIX SKY : SEBUAH PENDEKATAN DENGAN MIXED METHODS

MUHAMMAD, SYAFI’I (2025) OPTIMASI KINERJA BALLAST WATER TREATMENT SYSTEM DI MV. PHOENIX SKY : SEBUAH PENDEKATAN DENGAN MIXED METHODS. Diploma thesis, PIP SEMARANG.

[img] Pdf (572011237716T_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011237716T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Pdf (572011237716T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011237716T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Pdf (572011237716T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011237716T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (565kB)
Official URL: https://library.pip.semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Muhammad Syafi’i. 2025. “Optimasi Kinerja Ballast Water Treatment System di MV. Phoenix Sky : Sebuah Pendekatan Mixed Methods ”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Prof. Dr. A Agus Tjahjono M.M, M.Mar. E., Pembimbing II: Anicitus Agung Nugroho, S. Si. T. M.Si. Penelitian ini mengkaji peran Ballast Water Treatment System (BWTS) dalam operasi maritim, dengan fokus pada kepatuhan terhadap peraturan lingkungan dan keberlanjutan transportasi laut. Penelitian ini juga menyoroti evaluasi terhadap teknologi BWTS yang tepat untuk kapal, terutama UV reactor, untuk mengurangi risiko transfer spesies invasif. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis faktor penyebab, dampak, dan penurunan kinerja BWTS, serta upaya optimasi dan pengaruhnya terhadap operasional kapal di MV Phoenix Sky. Penelitian ini menggunakan metodologi yang berlandaskan prinsip-prinsip ilmiah dengan pendekatan kuantitatif, yang diterapkan melalui metode Smart PLS untuk mengumpulkan data dan menganalisis hubungan antara berbagai faktor yang mempengaruhi kinerja BWTS. Selain itu, penelitian ini mengadopsi metode campuran (mixed methods), yang mengintegrasikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, guna memperoleh wawasan yang lebih mendalam mengenai persepsi dan pengalaman praktis operator kapal terkait penerapan serta tantangan yang dihadapi dalam pengoperasian BWTS. Untuk pengumpulan data kualitatif, digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang bertujuan menggambarkan konteks, faktor-faktor yang memengaruhi keputusan operasional, serta kendala yang dihadapi selama pengoperasian BWTS di kapal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh UV reaktor, perawatan, dan sumber daya manusia (SDM) terhadap kinerja BWTS dan operasional kapal. Dengan menggunakan metode SmartPLS, hasil penelitian menunjukkan bahwa UV reaktor, perawatan, dan SDM memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja BWTS, meskipun dengan korelasi yang lemah (27%, 23,7%, 20,5%, 21,5%, 27,8%, 22,5%, dan 34,2%, berturut-turut). Kinerja BWTS yang optimal berperan penting dalam kelancaran operasional kapal, karena kerusakan pada BWTS dapat menyebabkan gangguan pada proses deballasting, stabilitas kapal, dan jadwal operasional. Perawatan yang rutin dan tepat waktu terbukti memiliki dampak besar pada kelancaran sistem BWTS, sedangkan pengelolaan SDM yang efektif melalui pelatihan dan pengawasan juga penting untuk deteksi dini masalah teknis. Oleh karena itu, untuk menjaga stabilitas kapal dan efisiensi operasional, perlu perhatian khusus terhadap pemeliharaan BWTS, pengelolaan SDM, dan kinerja UV reaktor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Ballast Water Treatment System, UV reactor, Smart PLS, Mixed methods
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 24 Jul 2025 08:41
Last Modified: 24 Jul 2025 08:41
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6466

Actions (login required)

View Item View Item