IDENTIFIKASI KEGAGALAN PEMBUKAAN KATUP EXHAUST VALVE PADA MAIN ENGINE MAN B&W DI MV. EVER CLEAR

RIZAL, NURDIN MUARIF (2024) IDENTIFIKASI KEGAGALAN PEMBUKAAN KATUP EXHAUST VALVE PADA MAIN ENGINE MAN B&W DI MV. EVER CLEAR. Diploma thesis, PIP SEMARANG.

[img] Pdf (572011237705T_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011237705T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (572011237705T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011237705T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (3MB)
[img] Pdf (572011237705T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011237705T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (638kB)
Official URL: https://library.pip.semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Muarif, Rizal Nurdin, 2024, 572011237705 T, “Identifikasi Kegagalan Pembukaan Katup Exhaust Valve Pada Main Engine MAN B&W Di MV. Ever Clear”, Skripsi Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Amad Narto, M.Pd, M.Mar.E Pembimbing II: Ir.Fitri Kensiwi, M.Pd Exhaust valve merupakan komponen dari mesin induk yang berfungsi sebagai jalur keluarnya gas atau karbon yang didorong oleh torak dari dalam ruang bakar. Berdasarkan pengalaman peneliti selama praktik laut, terjadi masalah ketika exhaust valve pada main engine tidak dapat membuka secara normal yang disebabkan oleh menurunya tekanan oli pada exhaust valve tersebut. Pada pembukaan exhaust valve, tekanan oli sangat berpengaruh dalam proses tersebut sehingga harus dijaga tekanannya. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder dengan melakukan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka kepada informan yang berpengalaman dan terlibat langsung dalam proses penelitian. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis fishbone diagram yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan menganalisis penyebab dari suatu permasalahan. Tahapan analisis data dapat dilakukan dengan mengelompokkan penyebab permasalahan yang ada lalu mengelompokkannya ke dalam faktor faktor seperti Method dan Machine. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, pembukaan exhaust valve yang tidak normal disebabkan oleh kurangnya tekanan oli pada hidrolik cylinder pada exhaust valve dikarenakan keausan o-ring pada bagian hidrolik cylinder tersebut. Faktor lain yang menyebabkan tidak normalnya pembukaan exhaust valve adalah pelumasan yang tidak memadai pada sistem hidrolik di exhaust valve. Dampak yang disebabkan dari tidak normalnya pembukaan exhaust valve pada main engine adalah penumpukan sisa gas buang dari pembakaran sehingga kinerja dari mesin induk menurun. Upaya penanganan yang dilakukan terhadap tidak normalnya pembukaan exhaust valve ialah dengan mengganti hidrolik cylinder pada exhaust valve dan juga melakukan evaluasi terhadap sistem hidrolik pada exhaust valve.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Exhaust valve, Main engine, Fishbone diagram, Sistem hidrolik
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:04
Last Modified: 23 Jul 2025 07:04
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6464

Actions (login required)

View Item View Item