OPTIMASI KINERJA DIESEL GENERATOR NOMOR 1 DI MT. PETROMAX: SEBUAH PENDEKATAN KUANTITATIF

Afza, Sabiq Faizun (2025) OPTIMASI KINERJA DIESEL GENERATOR NOMOR 1 DI MT. PETROMAX: SEBUAH PENDEKATAN KUANTITATIF. Diploma thesis, PIP SEMARANG.

[img] Pdf (572011227668T_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011227668T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Pdf (572011227668T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011227668T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (5MB)
[img] Pdf (572011227668T_SURAT PERNYTAAN PUBLIKASI)
572011227668T_SURAT PERNYTAAN PUBLIKASI.pdf

Download (678kB)
Official URL: https://library.pip.semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAK Faizun, Afza Sabiq Faizun. 2025. “OptimasiI Kinerja Diesel Generator Nomor 1 Di MT. PETROMAX: Sebuah Pendekatan Kuantitatif’’ Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I Prof. Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E Pembimbing II Bapak Imam Safii S.Si.T., M.Si. Dalam kapal, perlu ada permesinan yang memadai untuk mendukung sistem operasionalnya. Diesel generator (DG) merupakan komponen penting dalam permesinan kapal selain mesin diesel sebagai penggerak utama. Dalam penelitian dibagi empat rumusan masalah melimuti Apakah faktor penyebab kerusakan crankpin, dampak kerusakan crankpin, bagaimana upaya optimasi perawatan diesel generator, Dan bagaimana pengaruh variabel bebas yang dimediasi oleh kinerja diesel generator terhadap operasional kapal dan tujuan penilitian ini untuk mengetahui apa faktor penyebab serta dampak yang ditimbulkan dan upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk optimasi perawatan Diesel Generator No.1 dan mengetahui pengaruh variabel bebas yang dimediasi oleh kinerja Diesel Generator No. 1 terhadap operasional kapal. Penulis melakukan pengamatan terhadap disel generator di kapal MT. Petromax. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Kerusakan crankpin dapat disebabkan oleh berbagai faktor teknis dan operasional yang mempengaruhi kinerja diesel generator (DG) faktor utama adalah keausan akibat beban berlebih. Kerusakan pada crankpin berdampak menurunya signifikan dalam efisiensi operasi diesel generator. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan merancang jadwal perawatan yang terstruktur. Penelitian ini meberikan kesimpulan kerusakan pada crankpin dapat dipengaruhi oleh keausan akibat beban berlebih mengakibatkan penurunan efisiensi mesin diesel generator dan berdampak ganguan operasional kapal. Upaya yang dilakukan adalah perawatan preventif yang terstruktur, pemantauan kondisi mesin secara real-time, pengukuran, perawatan, dan sumber daya manusia berpengaruh secara langsung terhadap kinerja disel generator (DG).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Disel generator, crankpin, kuantitatif.
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:52
Last Modified: 21 Jul 2025 02:52
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6447

Actions (login required)

View Item View Item