ANDHIKA, MANSYUR PURNAMA (2024) ANALISIS KERUSAKAN PADA MAIN AIR COMPRESSOR YANG MENYEBABKAN TURUNNYA SISTEM UDARA BERTEKANAN DI MT. KIRANA DWITYA. Diploma thesis, PIP SEMARANG.
![]() |
Pdf (572011227648T_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011227648T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Pdf (572011227648T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011227648T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (1MB) |
![]() |
Pdf (572011227648T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011227648T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (474kB) |
Abstract
ABSTRAK Purnama, Andhika Mansyur NIT. 572011227648 T, 2024, “Analisis Kerusakan pada Main Air Compressor yang Menyebabkan Turunnya Sistem Udara Bertekanan di MT. Kirana Dwitya”. Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. F. Pambudi Widiatmaka, S.T., M.T., Pembimbing II: Dr. Iskandar, SH, MT Kompresor udara adalah perangkat mekanis yang meningkatkan tekanan udara dengan mengurangi volumenya. Udara bertekanan ini dimanfaatkan untuk berbagai fungsi di kapal, seperti menghidupkan mesin dan mengoperasikan sistem kontrol. Berdasarkan pengalaman peneliti menemukan kerusakan ring piston pada main air compressor yang menyebabkan penurunan tekanan botol angin di kapal. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor penyebab kerusakan pada Main Air Compressor, dampaknya terhadap Main Air Compressor, dan merumuskan strategi untuk menanggulangi permasalahan yang terjadi. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman. Terdapat tiga tahapan untuk melakukan analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan awak kapal, serta dokumentasi selama pelaksanaan penelitian di MT. Kirana Dwitya. Penelitian ini menunjukkan bahwa kerusakan pada main air compressor disebabkan oleh kinerja atau beban yang berlebihan yang berakibat terjadinya overheat yang merusak komponen internal yaitu patahnya ring piston dan kerusakan seal pin piston pada main air compressor, sehingga berdampak kepada penurunan tekanan sistem udara yang mengakibatkan terganggunya kinerja main engine dan sistem udara diatas kapal.Upaya dalam mengatasi kerusakan maupun patahnya ring piston dan komponen lain di main air compressor dengan melakukan pengecekan berkala pada ring piston main air compressor, penggantian sesuai dengan manual book yaitu setiap 6000 jam secara berkala untuk memastikan main air compressor dapat berjalan dengan keadaan optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : main air compressor, udara bertekanan, ring piston |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 01:06 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 01:06 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6439 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |