PENGENDALIAN GAS BUANG MAIN ENGINE YANG TINGGI DI KM. PULAU HOKI

TAUFIQ, EFENDI BUDIANTORO (2024) PENGENDALIAN GAS BUANG MAIN ENGINE YANG TINGGI DI KM. PULAU HOKI. Diploma thesis, PIP SEMARANG.

[img] Pdf (572011217640T_PROSIDING_FULLTEXT)
572011217640T_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB) | Request a copy
Official URL: https://library.pip.semarang.ac.id

Abstract

Main engine berfungsi sebagai penggerak utama kapal dengan memanfaatkan pembakaran bahan bakar untuk menghasilkan energi mekanik. Agar main engine tetap dalam kondisi optimal untuk beroperasi, perawatan harus dilakukan secara berkala sesuai ketentuan. Terjadinya kegagalan pembakaran pada main engine bisa disebabkan oleh perawatan yang tidak sesuai dengan instruction manual book, kesalahan dalam pemasangan, atau faktor lainnya, yang menyebabkan proses pembakaran pada main engine menjadi tidak sempurna. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyebab gagalnya pembakaran pada main engine di KM. Pulau Hoki. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode analisis data fishbone diagram. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab gagalnya pembakaran pada main engine di KM. Pulau Hoki adalah pelaksanaan PMS tidak dilakukan secara berkala, injector tersumbat oleh kotoran, kebocoran pada jacket cooling cylinder head, kerusakan pada exhaust valve, dan ketidaktepatan timing injeksi akibat keausan camshaft dan tappet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Main Engine
Subjects: Prosiding > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 10 Jul 2025 02:07
Last Modified: 10 Jul 2025 02:07
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6435

Actions (login required)

View Item View Item