PANDU, SUCIPTO WIJAYA (2024) ANALISIS TERJADINYA OVERSTOWAGE PADA MV. EVER OUTDO DI PELABUHAN KEELUNG TAIWAN. Diploma thesis, PIP SEMARANG.
![]() |
Pdf (572011127828N_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011127828N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Pdf (572011127828N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011127828N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
![]() |
Pdf (572011127828N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011127828N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (204kB) |
Abstract
ABSTRAK Wijaya, Pandu Sucipto. 2024. “Analisis Terjadinya Overstowage Pada MV. Ever Outdo di Pelabuhan Keelung Taiwan”, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Suherman., M.Si., M.Mar., Pembimbing II: Dr.Ali Muktar Sitompul, M.T., M.Mar.E Kapal kontainer adalah jenis kapal yang dirancang untuk mengangkut muatan dalam bentuk kontainer, yang disusun secara efisien di ruang kargo maupun di atas geladak. Penelitian ini dilakukan pada kapal MV. Ever Outdo pada saat proses bongkar muat dipelabuhan Keelung Taiwan. Kapal ini menghadapi masalah overstowage selama proses pemuatan, dimana ditemukan 12 kontainer yang tidak sesuai dengan bayplan awal kapal, yang disebabkan oleh keterlambatan penerimaan hasil bayplan terbaru yang mengakibatkan keterlambatan jadwal keberangkatan kapal dan peningkatan biaya operasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor penyebab overstowage serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi penyebab overstowage pada MV Ever Outdo di Pelabuhan Keelung, Taiwan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis masalah overstowage pada kapal MV. Ever Outdo di Pelabuhan Keelung, Taiwan. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara terstruktur dengan Nakhoda, Chief Officer, Third Officer, dan Foreman, serta dokumentasi berupa gambar dan tulisan. Sumber data primer diperoleh dari responden di lapangan, sedangkan data sekunder berasal dari buku, jurnal, dan dokumen pendukung. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data menggunakan diagram fishbone, serta penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi untuk memastikan konsistensi dan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa overstowage pada MV. Ever Outdo disebabkan oleh kesalahan ship planner dalam menyusun bayplan, kurangnya komunikasi antara pihak terkait, keterlambatan penerimaan bayplan, kurangnya pengawasan selama pemuatan, serta keterbatasan waktu operasional pelabuhan. Upaya mengatasinya mencakup memastikan koreksi bayplan sebelum dikirimkan, memperbaiki koneksi internet, meningkatkan pengawasan dan briefing rutin, memastikan perubahan muatan disetujui semua pihak, serta menyesuaikan jadwal keberangkatan kapal dengan persiapan yang matang. Kesimpulannya, penyebab overstowage pada MV. Ever Outdo meliputi ketidaktelitian dalam menyusun bayplan, kurangnya komunikasi antara pihak terkait, lemahnya pengawasan, dan keterbatasan waktu operasional pelabuhan. Upaya mengatasi masalah tersebut meliputi perbaikan koreksi bayplan, briefing rutin, pengawasan yang lebih ketat, dan koordinasi yang lebih baik antar pihak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Overstowage, Bayplan, Kapal Kontainer, Pelabuhan Keelung |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 02:41 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 02:41 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6420 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |