AHAMED, DAUD IBRAHIM (2024) ANALISA BLIND SECTOR RADAR UNTUK KESELAMATAN BERNAVIGASI DI MV AL LUQTA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (012361150010N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
012361150010N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (42kB) |
Abstract
ABSTRAK Ibrahim, Ahamed Daud 012361150010. N, 2024, “Analisa Blind Sector Radar untuk Keselamatan Bernavigasi di MV Al Luqta", “Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Dian Kurnianing Sari., S.Si.T., M.M. M.Mar, Pembimbing II: Desy Yuli Aryani, S.Si.T., M.T. Sistem navigasi merupakan komponen vital dalam operasi kapal yang memungkinkan deteksi objek di sekitarnya. Tantangan muncul dengan adanya Blind Sector Radar, yaitu area di mana radar tidak dapat mendeteksi objek akibat terhalang oleh struktur kapal. Hal ini terjadi pada MV Al Luqta yang dapat meningkatkan risiko tabrakan dan mengurangi efektivitas navigasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya blind sector radar, mengetahui dampak yang diakibatkan oleh blind sector radar, serta mengidentifikasi upaya yang dilakukan untuk meminimalisir blind sector radar guna meningkatkan keselamatan bernavigasi di MV Al Luqta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena serta mengumpulkan data secara mendalam. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan tiga komponen utama: reduksi data, penyajian data, kemudian perbandingan dengan metode USG serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data dalam penelitian ini dijamin melalui metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa blind sector radar di kapal MV Al Luqta disebabkan oleh posisi antena radar yang terhalang oleh struktur kapal, cuaca buruk, konstruksi kapal, ketrampilan mualim, kondisi magnetron radar, serta gangguan elektromagnetik. Dampak dari blind sector ini meningkatkan risiko tabrakan karena area yang tidak terpantau dan memaksa mualim untuk lebih mengandalkan pengamatan visual, yang menambah beban kerja serta mengurangi efisiensi operasional kapal. Upaya untuk mengatasi masalah ini meliputi penyesuaian posisi antena, penggunaan radar tambahan, familiarisasi mualim, serta penerapan teknologi anti-interferensi guna meningkatkan keselamatan navigasi. Simpulan dari hasil penelitian menunjukan bahwa blind sector radar menimbulkan dampak signifikan dalam operasional kapal terutama karena adanya area yang tidak terpantau sehingga menimbulkan bahaya navigasi, upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini yaitu melakukan pelatihan intensif bagi mualim, menyesuaikan posisi antenna radar, serta penerapan teknologi anti-interferensi untuk meningkatkan kinerja radar dan meningkatkan keselamatan navigasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Blind Sector Radar, Navigasi Kapal, Keselamatan Bernavigasi |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 04:28 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 04:28 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6389 |
Actions (login required)
View Item |