GEDE, AGANSA PRADNYA WIDAGDA (2024) OPTIMALISASI SISTEM KERJA PENDINGIN (RELIQUEFACTION) SAAT PROSES PEMUATAN UNTUK MENGURANGI TEKANAN PADA MT. GAS KOMODO. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011137858N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
572011137858N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (236kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Widagda, Gede Agansa Pradnya. 2024. “OPTIMALISASI SISTEM KERJA PENDINGIN (RELIQUEFACTION) SAAT PROSES PEMUATAN UNTUK MENGURANGI TEKANAN PADA MT. GAS KOMODO”. Skripsi Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Yustina Sapan, S.Si.T, M.M, Pembimbing II: Pranyoto, S.pi, M.AP LPG merupakan gas cair yang komponen utamanya adalah propana (C3H8) dan butana (C4H10), diperoleh dengan cara mengolah gas alam atau minyak bumi. Setiap muatan diatas kapal memiliki kapasitas 22.000 metrik ton. Dalam penelitian ini peneliti membahas tentang faktor faktor yang dapat mengurangi tekanan pada tangki kapal. Agar menghindari tekanan tangki mencapai titik maksimum selama proses pemuatan kapal LPG/C bermuatan LPG wajib menjalankan reliquefaction system. Untuk memastikan tekanan tangki tetap berada pada batas yang diterima, sebaiknya untuk menurunkan ke tingkat dibawah maksimum sekitar 0,4 bar. Penelitian berikut bertujuan untuk mengoptimalisasi faktor dan upaya yang dapat menyebabkan meningkatnya tekanan tangki pada saat proses pemuatan diatas kapal LPG/C Gas Komodo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan yang dijelaskan secara desktiptif. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder, yang dimana beberapa data diambil dari data kapal LPG/C Gas Komodo dengan melaksanakan observasi langsung pada saat pelaksanaan praktek laut diatas kapal dan melaksanakan wawancara langsung dengan Mualim 1, dan Gas Engineer yang memberikan gambaran tentang hal yang akan diteliti. Penelitian kali ini juga didukung dengan studi pustaka selama penelitian diatas kapal LPG/C Gas Komodo. Kesimpulan yang diambil dari penelitian ini adalah muatan yang diberikan terminal memiliki suhu yang tinggi dan menyebabkan muatan di dalam tangki menguap dengan cepat, dan berdampak dengan tidak stabilnya suhu muatan dan tekanan yang ada di dalam tangki, reliquefaction system diatas kapal yang seharusnya digunakan untuk mengstabilkan suhu dan tekanan tangki diatas kapal tidak berfungsi dengan baik karena banyak masalah, memberikan sosialisasi dan pengetahuan kepada crew, peningkatan efisiensi operasional selama proses pemuatan LPG, peningkatan protocol keselamatan, upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi peningkatan tekanan tangki saat proses pemuatan diatas kapal sebelum dan selama proses pemuatan, sangat penting untuk memastikan bahwa tangki dalam kondisi yang dingin. Mendinginkan tangki sebelum proses pemuatan berfungsi agar mengurangi tekanan da suhu tangki ke tingkat tertentu, agar saat proses pemuatan tangki dalam keadaan siap menerima muatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Optimalisasi, Reliquefaction, Pemuatan, Gas |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 08:04 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 08:04 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6365 |
Actions (login required)
View Item |