OPTIMALISASI PENEMPATAN CREW KAPAL SESUAI DENGAN SAFE MANNING PADA PT. PERTAMINA INTERNATIONAL SHIPPING (PIS)

KEVIN, ZEFANO GEDALYA (2023) OPTIMALISASI PENEMPATAN CREW KAPAL SESUAI DENGAN SAFE MANNING PADA PT. PERTAMINA INTERNATIONAL SHIPPING (PIS). Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911337481K_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
561911337481K_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf

Download (99kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Gedalya, Kevin Zefano, 561911337481 K, 2023, “Optimalisasi Penempatan Crew Kapal Sesuai Dengan Safe Manning Pada PT. Pertamina International Shipping (PIS)”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Andi Prasetiawan, S.ST., M.M., Pembimbing II: Capt. Karolus Geleuk Sengadji, M.M., M.H Penempatan crew kapal yang tidak sesuai dengan safe manning di PT. Pertamina International Shipping (PIS) disebabkan karena keterbatasan dan ketersediaan crew menjadi penyebab utama dari penempatan crew yang tidak merata, minimnya awak kapal yang memiliki keterampilan atau sertifikasi esensial untuk suatu divisi tertentu, maka distribusi kapal yang merata tidak dapat dicapai. Pengiriman awak kapal untuk melaksanakan tugas di atas kapal harus sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang ada. Sertifikat kompetensi (COC) dan keterampilan (COP) awak kapal harus sudah memenuhi validitas sesuai dengan amandemen STCW 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor yang menyebabkan terjadinya ketidakrataan penempatan crew kapal di setiap divisi manning fleet. Dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh PT. Pertamina International Shipping dalam mengatasi ketidakrataan penempatan dan pengiriman crew kapal di setiap manning fleet. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Serta analisis SWOT. Hasil penelitian diketahui bahwa faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi penempatan dan pembagian crew pada setiap divisi manning fleet adalah condite, pengalaman kerja, permintaan dari perusahaan dan pasokan calon crew yang akan diseleksi, sertifikat yang belum lengkap, dan minat dari calon crew kapal. Serta upaya yang dilakukan PT. Pertamina International Shipping dalam menangani masalah penempatan dan pengiriman crew kapal pada setiap manning fleet adalah penempatan dan pengiriman crew kapal sesuai kebutuhan kapal mengacu pada regulasi pelayaran serta ketentuan dan struktural jabatan di perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Optimalisasi, Crew Kapal, Safe Manning
Subjects: Skripsi
Skripsi > TALK
Divisions: TALK
Depositing User: person person person
Date Deposited: 17 Dec 2024 07:56
Last Modified: 17 Dec 2024 07:56
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6364

Actions (login required)

View Item View Item