NAVARRO, SAIFUL GHAZI (2024) ANALISIS KEGAGALAN PEMBAKARAN PADA KETEL UAP DI MV SINAR SANUR. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011237702T_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
572011237702T_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (195kB) |
Abstract
ABSTRAK Ghazi, Navarro S. 2024. “Analisis Kegagalan Pembakaran Pada Ketel Uap di MV Sinar Sanur”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Amad Narto, M.Pd, M,Mar.E., Pembimbing II: Ely Sulistiyowati, S.ST., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab kegagalan pembakaran pada ketel uap di MV Sinar Sanur, yang menyebabkan produksi uap tidak optimal dan memengaruhi operasional kapal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan observasi langsung dan wawancara kepada kru mesin kapal. Serta teknik analisis data SHEL (Software, Hardware, Environment, Liveware) agar memudahkan dalam menjawab rumusan masalah pada penelitian. Hasil penelitian menunjukkan beberapa faktor utama penyebab kegagalan pembakaran, yaitu kondisi burner yang kotor, viskositas bahan bakar yang terlalu tinggi, ukuran pipa bahan bakar yang tidak sesuai, serta kualitas bahan bakar yang buruk. Burner yang kotor mengurangi efisiensi pembakaran karena pengabutan bahan bakar tidak maksimal, sementara tekanan bahan bakar yang rendah sering kali disebabkan oleh tersumbatnya filter karena kotoran filter, serta ukuran pipa yang tidak sesuai. Perbedaan kualitas bahan bakar yang digunakan dari Setoda, (Jepang) dan Singapura juga menjadi faktor dalam kegagalan pembakaran. Bahan bakar dari Singapura memiliki viskositas lebih tinggi, yang memperlambat aliran bahan bakar sehingga menghambat pengisian de-Aerating tank. Selain itu, penggunaan pipa berukuran 25A di antara flow meter hingga de-aerating tank terbukti tidak sesuai untuk bahan bakar dengan viskositas tinggi. Upaya dalam mengatasi masalah ini, modifikasi sistem perpipaan bahan bakar dilakukan dengan mengganti pipa berukuran lebih besar, dan untuk solusi sementara menunggu proses perbaikan pipa bahan bakar dengan viskositas lebih rendah seperti MDO (Marine Diesel Oil) digunakan sementara waktu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemeliharaan yang lebih baik, pemilihan bahan bakar yang tepat, dan desain sistem perpipaan yang optimal sangat penting untuk menjaga kinerja ketel uap agar tetap efisien.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Analisis, kegagalan pembakaran, ketel uap, MV Sinar Sanur, viskositas bahan bakar, modifikasi pipa |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 05:57 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 05:57 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6360 |
Actions (login required)
View Item |