ALAND, HEGMAWAN (2024) ANALISIS PROSES MEMPERTAHANKAN POSISI KAPAL PADA SAAT BONGKAR MUAT KAPAL AHTS. AMBER DI AREA RIG. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011137852N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKAASI)
572011137852N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKAASI.pdf Download (728kB) |
Abstract
ABSTRAK Hegmawan, Aland. 2024. “Analisis Proses Mempertahankan Posisi Kapal Pada Saat Bongkar Muat Kapal AHTS. Amber Di Area Rig”, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Manungku Trinata Praamudhita, S.Si. T., M.Pd., Pembimbing II: Didik Dwi Suharso, S.SiT ., M.Pd. Kapal Anchor Handling Tug and Supply (AHTS) adalah kapal multi fungsi untuk melakukan pekerjaan anchor handling/Anchor job, towing dan supply cargo untuk aktivitas pengeboran minyak lepas pantai/offshore. Penelitian ini dilakukan pada kapal AHTS. Amber yang merupakan salah satu kapal yang dirancang sebagai sarana penunjang untuk membantu kegiatan pengeboran minyak dan gas lepas pantai (offshore oil drilling), yaitu dalam bentuk pelayanan peralatan-peralatan dan pekerjaan pengeboran lepas pantai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis kualitatif dilakukan saat pelaksanaan Praktek Laut pada tanggal 1 Nopember 2022 hingga 16 Nopember 2023. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam proses mempertahankan posisi kapal AHTS Amber saat melakukan kegiatan bongkar muat adalah dengan cara melakukan komunikasi dengan radio operator, melakukan pengamatan sekitar area rig, mempersiapkan mesin penggerak utama dan mesin bantu lainnya, serta mempertahankan posisi kapal agar berada tetap stabil diposisinya. Adapun kendala yang dihadapi ketika mempertahankan posisi kapal yang terjadi di kapal AHTS Amber yakni terdiri dari dua faktor, yakni faktor internal / faktor dari dalam yang meliputi man (manusia), shape (bentuk kapal), stabilization (kestabilan), equipment (peralatan), selain itu terdapat faktor eksternal / faktor yang berasal dari luar yang dibagi atas 2 (dua) faktor, yaitu keadaan laut (kecepatan angin, laut/ombak, arus, cuaca), dan keadaan perairan (kedalaman air, dan jenis perairan).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Area Rig, Bongkar muat, Kapal AHTS, Posisi Kapal |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 03:47 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 03:47 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6352 |
Actions (login required)
View Item |