OPTIMALISASI PENGOPERASIAN INERT GAS SYSTEM SAAT PROSES BONGKAR DI KAPAL MT. BULL DAMAI 1

AKHDIYAT, RANGGA ADONIS (2024) OPTIMALISASI PENGOPERASIAN INERT GAS SYSTEM SAAT PROSES BONGKAR DI KAPAL MT. BULL DAMAI 1. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (572011127809N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
572011127809N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf

Download (384kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Adonis, Akhdiyat Rangga. NIT. 572011127809 N, 2024, “Optimalisasi Pengoperasian Inert Gas System saat proses bongkar di kapal MT Bull Damai 1”, Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. KAROLUS GELEUK SENGADJI, M.M., Pembimbing II: Ria Hermina Sari., S.S., M.Sc. Inert gas adalah jenis gas yang digunakan untuk mencegah bahaya seperti kebakaran, ledakan, dan risiko mudah terbakar pada kapal yang membawa kargo cair berbahaya dalam transportasi laut. Pentingnya pengoperasian IGS yang benar, peneliti temukan saat melaksanakan praktik laut di MT Bull Damai 1 saat melakukan proses pembongkaran di Port of Novorossysk, Rusia MT Bull Damai 1 mengalami situasi kritis. Tiga hari sebelum pembongkaran, IGS dioperasikan untuk menjaga keamanan muatan, namun IGS tidak berfungsi optimal. Berdasarkan insiden tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab ketidakoptimalan pengoperasian IGS di kapal MT Bull Damai 1, untuk mengetahui dampak pengoperasian IGS yang tidak optimal di kapal MT Bull Damai 1, dan untuk mengetahui upaya optimalisasi pengoperasian IGS di kapal MT Bull Damai 1. Penelitian ini dilaksanakan di atas kapal MT Bull Damai 1 menggunakan metode kulitatif. Dalam menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan metode triangulasi data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan diagram tulang ikan (fishbone diagram) dalam menganalisis data yang telah diperoleh. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, faktor utama yang menyebabkan pengoperasian IGS saat proses bongkar di kapal MT. Bull Damai 1 tidak optimal adalah kurangnya perawatan pada komponen IGS. Dampak utama yang terjadi apabila pengoperasian IGS tidak optimal di MT. Bull Damai 1 yaitu meningkatnya risiko kebakaran dan ledakan di ruang kargo. Upaya optimalisasi pengoperasian IGS saat proses bongkar di MT. Bull Damai 1 yaitu dengan melakukan perawatan komponen IGS secara rutin sesuai PMS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Inert gas sistem, deck water seal dan proses bongkar muat
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 16 Dec 2024 08:37
Last Modified: 16 Dec 2024 08:37
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6340

Actions (login required)

View Item View Item