ANALISIS MENINGKATNYA TEMPERATUR GAS BUANG DIESEL GENERATOR GUNA MENCEGAH TERJADINYA TRIP PADA DIESEL GENERATOR DI KAPAL MV.DAIDAN PERTIWI

MAHELDA, FAJRIAN AFRIANANDA (2023) ANALISIS MENINGKATNYA TEMPERATUR GAS BUANG DIESEL GENERATOR GUNA MENCEGAH TERJADINYA TRIP PADA DIESEL GENERATOR DI KAPAL MV.DAIDAN PERTIWI. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911237318T_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
561911237318T_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf

Download (28kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Afriananda,Mahelda Fajrian. 561911237318 T. 2023 “Analisis Meningkatnya temperatur Gas Buang Diesel Generator Guna Mencegah Terjadinya Trip Pada Diesel Generator Di Kapal MV.Daidan Pertiwi”. Skripsi program diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Darul Prayoga.,M.Pd, Pembimbing II: Kresno Yuntoro ,S.ST,M.M Fuel injection pump adalah komponen yang bertugas untuk menekan bahan bakar dari tangki ke nozzle sebelum bahan bakar dikabutkan di ruang bakar pada motor diesel generator. Selama operasi bongkar muat kerap kali masalah terjadi pada motor diesel generator silih berganti mulai dari tekanan minyak lumas yang menurun, rocker arm yang macet, hingga temperatur gas buang yang mendadak naik yang sering kali terjadi sehingga harus mendapat perhatian lebih karena dapat mengindikasikan dari beberapa bagian yang memiliki masalah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metode Triangulasi. Pada metode ini data dibagi menjadi dua yaitu data primer yang berupa wawancara dan data sekunder yang berupa observasi serta dokumentasi. Pada penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pecahnya below exhaust manifold dikarenakan tingginya gas buang yang mencapai 650ºC saat dual fuel diesel generator menggunakan high fuel oil sebagai bahan bakar utama akan menyebabkan kerusakan pada komponen mesin tersebut. Salah satunya yaitu komponen blow pada exhaust manifold bypass. Terkikisnya exhaust cylinder head pada diesel generator. Katup buang berfungsi sebagai pintu pembuangan gas sisa pembakaran yang mana waktu pembukaan dan penutupan katup di atur sesuai dengan mekanisme katup. Dengan menggunakan brush secara rutin atau dengan melakukan penggantian O ring kit pada plunger dan sparte part lainnya yang baru. Check pada bagian delivery valve pada plunger apakah masih berfungsi baik atau tidaknya guna mencegah terjadinya hambatan pada system bahan bakar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Fuel injection pump, Diesel Generator, Fuel injection valve , exhaust manifold bypass.
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 16 Dec 2024 03:40
Last Modified: 16 Dec 2024 03:40
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6321

Actions (login required)

View Item View Item