WAHYU, RAHMAWAN (2024) PENANGANAN KM. PEKAN FAJAR YANG KANDAS DI ALUR PELABUHAN BALIKPAPAN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (012361150018N_SKRIPSI_FULLTEXT)
012361150018N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Pdf (012361150018N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
012361150018N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (3MB) |
|
Pdf (012361150018N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
012361150018N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (67kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Rahmawan, Wahyu, 2024. “Penanganan KM. Pekan Fajar yang Kandas di Alur Pelabuhan Balikpapan.”, Skripsi Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: . M. Choeroni, S.ST.Pel, M.T. Pembimbing II: Kresno Yuntoro, S.ST, M.M. Terjadi insiden kandasnya KM. Pekan Fajar di Alur Pelabuhan Balikpapan tanggal 23 Oktober 2019 yang menyebabkan kerugian baik kerugian waktu, tenaga, dan keterlambatan dari operasional. Dari insiden tersebut peneliti tertarik untuk menganalisis penanganan KM. Pekan Fajar yang kandas di Alur Pelabuhan Balikpapan. Masalah yang dibahas adalah faktor apa yang menyebabkan KM. Pekan Fajar Kandas di Alur Pelabuhan Balikpapan dan bagaimana upaya penanganan KM. Pekan Fajar Kandas di Alur Pelabuhan Balikpapan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mendapatkan data dilakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan antara satu data dengan data yang lain dilakukan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah kandasnya KM. Pekan Fajar di Alur Pelayaran Balikpapan disebabkan oleh tiga faktor utama yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu draft kapal lebih besar dari kedalaman perairan yang dilewati, kondisi surut pada perairan tersebut, dan kesalahan perkiraan dan perhitungan untuk memasuki alur pelabuhan. Selain itu upaya penanganan yang dilakukan pada saat itu adalah melapor kepanduan dan perusahaan, melakukan pengecekan kondisi lambung kapal, melakukan pengecekan stabilitas kapal, dan menjalankan Bridge Resource Management (BRM) dan olah gerak saat terbebas dari kandas. Sehingga pihak kapal terutama perwira yang bertugas di anjungan sebaiknya memahami olah gerak dan memahami tentang pembacaan tabel pasang surut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Kandas, Pelabuhan Balikpapan, KM. Pekan Fajar |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 03:32 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 03:32 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6267 |
Actions (login required)
View Item |