DAFFA, JOE BERLIANO (2024) ANALISIS PECAHNYA WINDLASS HYDRAULIC OIL PUMP PADA MV. PACIFIC BULK YANG MENGHAMBAT KELANCARAN SAAT ANCHORAGE. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011137855N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
572011137855N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (276kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Berliano, Daffa Joe. 2024. “Analisis Pecahnya Windlass Hydraulic Oil Pump Pada MV. Pacific Bulk Yang Menghambat Kelancaran Saat Anchorage”, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Bapak Wahju Wibowo., S.Sos., M.Psi., M.Mar Pembimbing II: Ibu Fatimah., S.Pd., M.Pd Pompa windlass memiliki berbagai jenis, misalnya sistem uap memiliki kemampuan yang besar dan terhindar dari bahaya tegangan pendek, namun kapal harus memiliki ketel uap biasanya untuk kapal besar sejenis tanker selain tenaga uap diantaranya adalah pompa hydraulic. Pompa tersebut bekerja dengan memanfaatkan tekanan minyak lumas untuk menggerakkan piston yang dihubungkan dengan poros eksentris penggerak mesin jangkar sehingga dapat menarik atau mengulur jangkar. Pada saat peneliti menjalani praktek laut, peneliti menemukan adanya insiden pecahnya windlass hydraulic oil pump, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab pecahnya windlass hydraulic oil pump dan upaya mengatasi pecahnya pompa hydraulic windlass. Penelitian in menggunakan metode Deskriptif Kualitatif, dengan langkah- langkah-langkah obsevasi partisipatif selama peneliti melaksanakan praktek laut, wawancara dengan narasumber di atas kapal, dan melalui studi dokumentasi dari gambar yang diambil di atas kapal yang diolah menggunakan teknik analisis data kualitatif, metode Root Cause Analysis (RCA) yang digunakan peneliti untuk mendapatkan hasil yang lebih valid. Dalam menyelesaikan penelitian Root Cause Analysis (RCA) memiliki langkah-langkah yaitu mendefinisikan masalah, mengumpulkan data, identifikasi kemungkinan penyebab masalah, identifikasi akar masalah (Root Cause), dan implementasian solusi yang menggunakan metode triangulasi untuk menilai keakuratan data yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa yang menjadi penyebab pecahnya pompa hydraulic windlass di kapal MV.Pacific Bulk pada saat proses Anchorage disebabkan oleh manajemen kontrol yang kurangnya pengawasan dalam proses perbaikan rutin, kotornya tangki pompa windlass, proses pengoperasian yang tidak sesuai dengan prosedur SOP, kotornya filter pompa, dan korosi pada blok silinder. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi terjadinya pecah pada pompa hydraulic windlass di kapal MV. Pacific Bulk adalah dengan melaksanakan maintenance sesuai dengan SOP, melakukan pembersihan filter pompa, melakukan perawatan tangki pompa windlass, dan melakukan pencipingan dan pengecatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Windlass, Kotornya, Hydraulic Oil Pump |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 01:47 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 01:47 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6244 |
Actions (login required)
View Item |