EVALUASI PELAYANAN TERMINAL PENUMPANG DI PELABUHAN BATU AMPAR

NUFAISA, NURGUPITA (2024) EVALUASI PELAYANAN TERMINAL PENUMPANG DI PELABUHAN BATU AMPAR. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (572011317510K_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011317510K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Pdf (572011317510K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011317510K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (6MB)
[img] Pdf (572011317510K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011317510K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (59kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Nurgupita, Nufaisa. 2024. “Evaluasi Pelayanan Terminal Penumpang di Pelabuhan Batu Ampar”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Retno Hariyanti, S.Pd., M.M, Pembimbing II: Yustina Sapan, S. Si.T., M.M Pelabuhan Batu Ampar merupakan salah satu pelabuhan utama yang mendukung konektivitas di Batam. Pelayanan diberikan bagi pihak-pihak yang membutuhkan layanan jasa oleh pelabuhan. Namun, masih terdapat beberapa kekurangan di terminal penumpang Pelabuhan Batu Ampar, yaitu dalam kualitas pelayanannya, terutama berkaitan dengan keselamatan, keamanan dan ketertiban, keandalan/keteraturan, kenyamanan, kemudahan, dan kesetaraan bagi penumpang. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana pelayanan terminal penumpang di Pelabuhan Batu Ampar dan upaya yang dilakukan oleh BUP BP Batam dalam meningkatkan efektivitas pelayanan di Pelabuhan Batu Ampar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan terminal penumpang di Pelabuhan Batu Ampar dan upaya yang dilakukan oleh BUP BP Batam dalam meningkatkan efektivitas pelayanan di Pelabuhan Batu Ampar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini, digunakan empat teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka, yang kemudian data dianalisa menggunakan teknik analisis triangulasi data. Data diperoleh melalui pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan waktu. Pelayanan terminal penumpang di Pelabuhan Batu Ampar belum sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 37 tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Laut dikarenakan fasilitas yang ada di pelabuhan masih banyak terdapat kekurangan. Upaya yang telah BUP BP Batam lakukan dalam meningkatkan efektivitas pelayanan di Pelabuhan Batu Ampar mencakup aspek keselamatan hingga aspek kesetaraan, seperti mendirikan tenda tambahan bagi ruang tunggu penumpang dan pemakaian bus Trans Batam sebagai transportasi penghubung penumpang dari terminal menuju dermaga kapal. BUP BP Batam perlu terus meningkatkan layanan dan menambah fasilitas untuk memenuhi standar keselamatan, keamanan, keandalan, kenyamanan, kemudahan, dan kesetaraan bagi penumpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Evaluasi, Pelayanan, Pelayanan Pelabuhan, Terminal Penumpang.
Subjects: Skripsi
Skripsi > TALK
Divisions: TALK
Depositing User: person person person
Date Deposited: 06 Nov 2024 08:25
Last Modified: 06 Nov 2024 08:25
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6231

Actions (login required)

View Item View Item