NUFAISA, NURGUPITA (2024) EVALUASI PELAYANAN TERMINAL PENUMPANG DI PELABUHAN BATU AMPAR. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011317510K_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011317510K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Pdf (572011317510K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011317510K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (6MB) |
|
Pdf (572011317510K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011317510K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (59kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Nurgupita, Nufaisa. 2024. “Evaluasi Pelayanan Terminal Penumpang di Pelabuhan Batu Ampar”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Retno Hariyanti, S.Pd., M.M, Pembimbing II: Yustina Sapan, S. Si.T., M.M Pelabuhan Batu Ampar merupakan salah satu pelabuhan utama yang mendukung konektivitas di Batam. Pelayanan diberikan bagi pihak-pihak yang membutuhkan layanan jasa oleh pelabuhan. Namun, masih terdapat beberapa kekurangan di terminal penumpang Pelabuhan Batu Ampar, yaitu dalam kualitas pelayanannya, terutama berkaitan dengan keselamatan, keamanan dan ketertiban, keandalan/keteraturan, kenyamanan, kemudahan, dan kesetaraan bagi penumpang. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana pelayanan terminal penumpang di Pelabuhan Batu Ampar dan upaya yang dilakukan oleh BUP BP Batam dalam meningkatkan efektivitas pelayanan di Pelabuhan Batu Ampar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan terminal penumpang di Pelabuhan Batu Ampar dan upaya yang dilakukan oleh BUP BP Batam dalam meningkatkan efektivitas pelayanan di Pelabuhan Batu Ampar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini, digunakan empat teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka, yang kemudian data dianalisa menggunakan teknik analisis triangulasi data. Data diperoleh melalui pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan waktu. Pelayanan terminal penumpang di Pelabuhan Batu Ampar belum sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 37 tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Laut dikarenakan fasilitas yang ada di pelabuhan masih banyak terdapat kekurangan. Upaya yang telah BUP BP Batam lakukan dalam meningkatkan efektivitas pelayanan di Pelabuhan Batu Ampar mencakup aspek keselamatan hingga aspek kesetaraan, seperti mendirikan tenda tambahan bagi ruang tunggu penumpang dan pemakaian bus Trans Batam sebagai transportasi penghubung penumpang dari terminal menuju dermaga kapal. BUP BP Batam perlu terus meningkatkan layanan dan menambah fasilitas untuk memenuhi standar keselamatan, keamanan, keandalan, kenyamanan, kemudahan, dan kesetaraan bagi penumpang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Evaluasi, Pelayanan, Pelayanan Pelabuhan, Terminal Penumpang. |
Subjects: | Skripsi Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 08:25 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 08:25 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6231 |
Actions (login required)
View Item |