ANISAH, NUR HASANAH (2024) PROSES PENGURUSAN RPK PADA WEBSITE SIMLALA DI PT BUANA LINTAS LAUTAN TBK. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011337573K_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011337573K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Pdf (572011337573K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011337573K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
|
Pdf (572011337573K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011337573K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (481kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Hasanah, Anisah Nur, NIT. 572011337573 K, 2024, “Proses Pengurusan RPK Pada Website SIMLALA di PT. Buana Lintas Lautan Tbk”. Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Awel Suryadi, S.ST., M.Si. Pembimbing II: Kresno Yuntoro, S.S.T., M.M. Sistem Informasi Lalu Lintas dan Angkutan Laut (SIMLALA) ditetapkan pemerintah untuk memfasilitasi pemesanan layanan angkutan laut umum secara online, termasuk pengelolaan rencana pengoperasian kapal (RPK). Dalam sistem tersebut terdapat keterlambatan penyelesaian dokumen RPK sehingga diperlukan peningkatan implementasi SIMLALA, mengidentifikasi kendala dan upaya pada sistem yang bertujuan untuk memudahkan pemantauan operasional pelayanan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan sistematis deskriptif. Sumber data didapatkan melalui data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi selama melaksanakan praktek darat di PT. Buana Lintas Lautan Tbk. Instrumen penelitian merupakan peneliti sendiri sebagai kunci utama penelitian didukung dengan instrumen pendukung yakni data wawancara pada narasumber terkait guna memperoleh keabsahan data penelitian. Teknik analisa data mengunakan pengumpulan dan pemilihan data, reduksi data, penyajian data, serta verifikasi atau penarikan kesimpulan. Beberapa tahapan pengurusan RPK pada website SIMLALA meliputi proses login, pendaftaran RPK tramper khusus, mengisi kolom pada website hingga terverifikasi oleh DITLALA, melakukan pembayaran invoice sehingga mendapatkan RPT untuk melakukan kegiatan bongkar muat. Penyebab keterlambatan pengurusan RPK menggunakan website SIMLALA adalah buruknya koneksi internet, server error pada website, kapasitas dokumen kapal terlalu besar sehingga berdampak penundaan pengajuan Surat Persetujuan Berlayar (SPB). Upaya menghambat keterlambatan pengurusan RPK adalah dengan penambahan provider internet, maintenance website, penggunaan website kompres dokumen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Keterlambatan, Pengurusan RPK, Website SIMLALA |
Subjects: | Skripsi Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 08:51 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 08:51 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6170 |
Actions (login required)
View Item |