ANALISIS TERJADINYA KLAIM ATAS DEADFREIGHT DALAM PROSES PEMUATAN BATU BARA DI KAPAL MV QING HUA SHAN

AGIL, ARWOE PUTRA (2024) ANALISIS TERJADINYA KLAIM ATAS DEADFREIGHT DALAM PROSES PEMUATAN BATU BARA DI KAPAL MV QING HUA SHAN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (572011337569K_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011337569K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Pdf (572011337569K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011337569K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (7MB)
[img] Pdf (572011337569K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011337569K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (71kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Putra, Agil Arwoe. NIT. 572011337569 T, 2024, “Analisis Terjadinya Deadfreight Claim Dalam Proses Pemuatan Batu bara di Kapal MV Qing Hua Shan”, Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Tatalaksana Angkutan Laut Dan Kepelabuhanan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Okvita Wahyuni, S.ST., M.M., Pembimbing II: Purwantono, S.Psi., M.Pd. Dalam kegiatan ekspor batu bara, proses pengangkutan dari jetty ke area labuh dilakukan menggunakan tongkang. Selama proses bongkar muat / transhipment dilakukan, sering terdapat kendala yang dapat menyebabkan deadfreight yang menyebabkan kerugian bagi pemilik barang. Penelitian ini dilakukan selama peneliti melaksanakan magang pada bulan Juli 2022-Agustus 2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya deadfreight claim dalam proses pemuatan batu bara di kapal MV Qing Hua Shan beserta upaya yang dilakukan untuk menguranginya. PT. Bahari Laju Anugerah Cabang Banjarmasin merupakan sebuah perusahaan pelayaran yang menangani dan melakukan jasa pelayanan keagenan kapal di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kapal-kapal yang singgah di Banjarmasin sebagian besar merupakan kapal yang akan mengangkut batu bara untuk diekspor ke berbagai negara. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi (triangulasi) dalam pengumpulan data. Peneliti mengumpulkan data sekaligus menguji keabsahan data dengan mengecek melalui beberapa sumber data seperti melakukan wawancara dengan tiga narasumber yang berbeda yaitu Shipper on Board, Foreman on Board dan Foreman jetty. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab terjadinyadeadfreight claim dalam proses pemuatan batu bara di kapal MV Qing Hua Shan yaitu kendala selama proses pemuatan, tumpahnya muatan batu bara ketika proses pemuatan, serta pencurian muatan batu bara dari dalam tongkang. Untuk menguranginya dilakukan beberapa upaya yang dilakukan oleh PT Cahaya Kencana Lestari selaku pemilik muatan diantaranya melakukan koordinasi dan komunikasi yang efektif dan efisien. Selain itu dengan melakukan pengawalan muatan yang dibawa tongkang agar jumlah muatan tetap utuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pemutan Batu bara, Deadfreight Claim, Kapal MV Qing Hua Shan.
Subjects: Skripsi
Skripsi > TALK
Divisions: TALK
Depositing User: person person person
Date Deposited: 29 Oct 2024 14:13
Last Modified: 29 Oct 2024 14:13
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6140

Actions (login required)

View Item View Item