ACHMAD, RIZALDI MAKHFUR (2024) “PENANGANAN EMERGENCY KECELAKAAN KERJA OLEH PT. BAHARI LAJU ANUGERAH AGENCY PADA CREW MV. CL LIANYUNGANG PADA SAAT PEMBERSIHAN SISA CARGO BATUBARA DI MAINDECK”. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011337568K_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011337568K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Pdf (572011337568K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011337568K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (5MB) |
|
Pdf (572011337568K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011337568K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (60kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Makhfur, Achmad Rizaldi. 2024. Penanganan Emergency Kecelakaan Kerja Oleh PT. Bahari Laju Anugerah Agency Pada Crew MV. Cl Lianyungang Pada Saat Pembersihan Sisa Cargo Batubara Di Maindeck. Program Studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I: Fajar Transelasi, S.Tr., M.A.P., Pembimbing II: Anicitus Agung Nugroho, S.Si.T., M.Si Pengoperasian kapal pada dasarnya berbahaya, dengan risiko kecelakaan kerja yang signifikan, terlepas dari apakah pekerjaannya ringan atau berat. Risiko ini semakin diperparah dengan munculnya teknologi baru dan penanganan kargo berbahaya. Sangatlah penting untuk mendapatkan informasi lengkap tentang potensi bahaya kecelakaan dan layanan medis yang tersedia di kapal. Kasus MV Pelaut Mampu Kasus CL Lianyungang, yang mengalami saraf terjepit saat membersihkan sisa muatan batu bara di Taboneo, Kalimantan Selatan, menggambarkan pentingnya penanganan awal yang cepat dan efektif jika terjadi kecelakaan. Penelitian ini berjudul "Penanganan Darurat Kecelakaan Kerja oleh PT Bahari Laju Anugerah Agency pada Awak Kapal MV. Cl Lianyungang pada Saat Pembersihan Sisa Muatan Batubara di Maindeck". Kemajuan teknologi harus ditangani dengan hati-hati untuk mencegah terjadinya human error yang menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data yanng digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang dilakukan saat melaksanakan praktik di PT Bahari Laju Anugerah. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk menggambarkan fenomena secara detail dan komprehensif. Penelitian ini menggabungkan teori yang ada dengan data lapangan untuk mendapatkan gambaran yang jelas antara teori dan praktek, serta untuk memecahkan masalah dengan tahapan yang logis dan dapat diterima oleh masyarakat. Untuk meningkatkan keselamatan, setiap kru kapal harus menerima pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja yang memadai, termasuk penggunaan peralatan keselamatan, prosedur darurat, dan teknik pencegahan kecelakaan. Kapal juga harus dilengkapi dengan peralatan darurat yang memadai dan secara rutin diperiksa. Selain itu, PT Bahari Laju Anugerah Agency perlu lebih tanggap dan sigap dalam menangani kecelakaan kerja di kapal, dengan penanganan cepat dan koordinasi efektif dengan pihak terkait.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Emergency, Kecelakaan Kerja, Maindeck, Penanganan. |
Subjects: | Skripsi Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 13:47 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 14:01 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6137 |
Actions (login required)
View Item |