ANALISIS PELAYANAN AGEN DALAM PROSES SANDAR KM PUSRI INDONESIA VOYAGE 15 DI PELABUHAN TANJUNG EMAS

INGRID, NISA LESTARI (2024) ANALISIS PELAYANAN AGEN DALAM PROSES SANDAR KM PUSRI INDONESIA VOYAGE 15 DI PELABUHAN TANJUNG EMAS. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (572011337553K_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011337553K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Pdf (572011337553K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011337553K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (3MB)
[img] Pdf (572011337553K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011337553K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (332kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Lestari, Ingrid Nisa. 2024. “Analisis Pelayanan Agen dalam Proses Sandar KM Pusri Indonesia Voyage 15 di Pelabuhan Tanjung Emas”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Retno Hariyanti, S.Pd, M.M., Pembimbing II: Kresno Yuntoro, S.ST, M.M. Dalam pelaksanaan kegiatan clearance in dan clearance out, agen memiliki peran penting dalam membantu kelancaran proses sandar kapal sampai keberangkatan kapal. Namun dalam kegiatan ini, tidak selamanya berjalan dengan lancar, proses ini terhambat oleh berbagai masalah yang mengganggu efisiensi kerja agen. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab permasalahan yang dialami oleh agen dalam melayani proses sandar KM Pusri Indonesia voyage 15 di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data didapat dari observasi, wawancara dan dokumentasi di lapangan. Proses wawancara dengan Nakhoda kapal, agen operasional kapal, dan pihak pandu Dengan hasil dokumentasi berupa foto, data dan dokumen yang dikumpulkan saaT proses penelitian. Berdasarkan analisi penelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan hasil bahwa penyebab terhambatnya pelayanan agen PT Samudera Perdana Selaras karena beberapa hal. Penyebab tersebut antara lain gangguan pada mesin generator kapal, kendala komunikasi antara kapal dan agen, serta perubahan penetapan sandar yang memerlukan koordinasi tambahan. Upaya yang dilakukan agen dalam menangani kendala melibatkan langkah-langkah strategis seperti menghubungi pihak terkait, menyediakan alat berat, mempercepat koordinasi, dan mengusulkan layanan penyandaran mendesak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Analisis, Penyandaran kapal, Jasa Keagenan Kapal
Subjects: Skripsi
Skripsi > TALK
Divisions: TALK
Depositing User: person person person
Date Deposited: 28 Oct 2024 15:34
Last Modified: 28 Oct 2024 15:34
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6110

Actions (login required)

View Item View Item