SEGRA, KUMARA (2024) IMPLEMENTASI TERMINAL BOOKING SYSTEM (TBS) DI TERMINAL PETIKEMAS PT. JAKARTA INTERNATIONAL CONTAINER TERMINAL. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011327539K_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011327539K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Pdf (572011327539K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011327539K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (1MB) |
|
Pdf (572011327539K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011327539K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (217kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Kumara, Segra, NIT. 572011327539 K, 2024, “Implementasi Terminal Booking System (TBS) di Terminal Petikemas PT. Jakarta International Container Terminal”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Nur Rohmah, SE., M.M., Pembimbing II: Ir. Fitri Kensiwi, M.Pd. PT. Jakarta International Container Terminal (JICT) merupakan perusahaan mengoperasikan layanan kontainer untuk kapal laut di Pelabuhan Tanjung Priok. Salah satu masalah yang terjadi di PT. JICT adalah kemacetan di gate in atau pintu masuk atau gate out atau pintu keluar saat peak time atau waktu puncak. Selain kemacetan, dampak dari pergerakan peti kemas yang tidak efisien akan berimbas pada waktu kedatangan kapal, berlabuh jangkar dan keberangkatan kapal, pemborosan bahan bakar, polusi udara dari kendaraan meningkat, performansi operasi lapangan di terminal tidak optimal, operasi bongkar muat di dermaga, dan juga meningkatnya biaya tambahan untuk layanan. PT. JICT meluncurkan Terminal Booking System (TBS) sebagai solusi inovatif untuk mengatasi kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan dari implementasi TBS di terminal peti kemas PT. JICT dan untuk mengetahui strategi implementasi TBS di PT. JICT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif meliputi empat tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Tujuan PT. JICT memberlakukan TBS adalah mengurangi kepadatan lalu lintas truk, mempercepat waktu pelayanan, mengurangi biaya logistik, pemerataan distribusi untuk pelayanan keluar masuk petikemas, meningkatkan pelayanan angkutan dan perencanan lebih efisien. Implementasi strateegi TBS dilakukan secara softlaunch dengan menitikberatkan sosialisasi secara menyeluruh kepada seluruh stakeholder yang berkaitan dengan kegiatan operasional TBS
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Peti Kemas, Terminal Peti Kemas, Terminal Booking System |
Subjects: | Skripsi Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 13:28 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 13:28 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6095 |
Actions (login required)
View Item |