OPTIMALISASI AUTOGATE SYSTEM DALAM MENUNJANG KELUAR MASUKNYA TRUK DI GATE TERMINAL INTERNASIONAL PT. PELABUHAN TANJUNG PRIOK

HARYO, BAGAS SADEWO (2024) OPTIMALISASI AUTOGATE SYSTEM DALAM MENUNJANG KELUAR MASUKNYA TRUK DI GATE TERMINAL INTERNASIONAL PT. PELABUHAN TANJUNG PRIOK. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (572011327525K_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011327525K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Pdf (572011327525K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011327525K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (4MB)
[img] Pdf (572011327525K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011327525K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (67kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAK Haryo Bagas Sadewo 2024. “Optimalisasi Autogate System Dalam Menunjang Keluar Masuknya Truk Di Gate Terminal Internasional PT. Pelabuhan Tanjung Priok”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : SRI PURWANTINI, SE, S.Pd, MM. Pembimbing II : FITRI ZUHRIYAH, S.Psi., M.Sc. Autogate System adalah inovasi dalam pelayanan gate in dan gate out barang di pelabuhan dengan menerapkan sistem teknologi di terminal. Teknologi ini penting untuk meningkatkan pelayanan keluar masuk truk. Dengan cara menerapkan pertukaran data elektronik antara shipping line, importir, eksportir, perusahaan, trucking, PPJK, FA, bea dan cukai. PT. Pelabuhan Tanjung Priok dan bank yang di kemas dalam sebuah sistem yang dinamakan autogate system. Metode yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun objek penelitian adalah Gate Terminal Internasional PT. Pelabuhan Tanjung Priok. Penelitian ini melakukan pengumpulan data observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi yang terarah kepada seluruh informan yang terlibat langsung. Hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa penumpukan truk yang terjadi di gate disebabkan oleh keterbatasan area gate, keterbatasan buffer area, dan jaringan yang error saat kegiatan operasional. Dampak yang diakibatkan oleh penumpukan truk yang terjadi di area gate adalah waktu tunggu truk yang menjadi lebih lama untuk proses receiving delivery, waktu di gate yang seharusnya tiga sampai lima menit menjadi sepuluh sampai 15 menit. Dari tiga permasalahan yang terjadi pada proses keluar masuk truk di di Gate Terminal Internasional PT. Pelabuhan Tanjung Priok upaya yang dilakukan PT. Pelabuhan Tanjung Priok sebagai penyedia jasa adalah dengan memperluas dan memperbaiki infrastruktur jalan untuk mengurangi antrian dan mempercepat pergerakan truk, menambah gate barrier dan meningkatkan kemudahan akses kelaur masuk truk untuk mengurangi kepadatan dan meningkatkan efisiensi operasional, dan melakukan update autogate system secara berkala untuk memastikan sistem berjalan secara stabil dan berfungsi dengan optimal serta mampu mengakomodasi peningkatan volume operasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Autogate System, Truk, Pelabuhan
Subjects: Skripsi
Skripsi > TALK
Divisions: TALK
Depositing User: person person person
Date Deposited: 28 Oct 2024 12:30
Last Modified: 28 Oct 2024 12:30
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6089

Actions (login required)

View Item View Item