PANDU, ANNAHAR PRABOWO (2024) ANALISIS PERBANDINGAN PENGGUNAAN SHORE CRANE DAN SHIP CRANE TERHADAP DISCHARGE RATE PADA KEGIATAN BONGKAR MUAT KARGO CURAH KERING DI PELABUHAN PT KRAKATAU BANDAR SAMUDERA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011337559K_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
572011337559K_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (154kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Prabowo, Pandu Annahar. 2024, NIT: 572011337559 K, “Analisis Perbandingan Penggunaan Shore Crane Dan Ship Crane Terhadap Discharge Rate Pada Kegiatan Bongkar Muat Kargo Curah Kering Di Pelabuhan PT Krakatau Bandar Samudera”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Yozar Firdaus Amrullah, S.S., M.Hum, Pembimbing II: Arya Widiatmaja., S.ST., M.Si. Dalam bongkar muat kargo terdapat hasil perhitungan pembongkaran (discharge rate) serta hasil dari pemuatan. Hasil discharge rate tergantung pada alat derek yang digunakan, di pelabuhan terdapat ship crane dan shore crane. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan memahami faktor yang mempengaruhi perhitungan discharge rate serta mengetahui dampak penggunaan ship crane dan shore crane terhadap perhitungan discharge rate. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi serta study pustaka dalam pengumpulan data. Peneliti mengumpulkan data sekaligus menguji keabsahan data dengan mengecek melalui beberapa sumber data seperti melakukan wawancara dengan tiga narasumber yang berbeda. Peneliti melakukan teknis analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa faktor yang mempengaruhi discharge rate yaitu faktor peralatan bongkar muat dan sumber daya manusia (SDM). Penghitungan discharge rate dengan menggunakan ship crane dan shore crane dilakukan dengan dengan tiga tahap, tahap pencatatan pengambilan muatan, tahap pencatatan durasi pengisian muatan ke dalam truk, dan tahap mengkalkulasikan jumlah waktu dan tonase muatan per truk. Perbedaan dampak penggunaan ship crane dan shore crane dapat dilihat dari subjek kinerja, biaya, perawatan, serta aksesbilitas alat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Bongkar Muat, Discharge Rate, Pelabuhan, Ship Crane, Shore Crane |
Subjects: | Skripsi Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 07:23 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 07:23 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6065 |
Actions (login required)
View Item |