ROYYANESTU, BAIHAQI (2024) UPAYA PENANGANAN THERMAL CONDUCTIVITY MUATAN CLINKER PADA MV NKR ALICE DI TERMINAL KHUSUS PT SEMEN INDONESIA TUBAN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011327538K_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
572011327538K_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (370kB) |
Abstract
ABSTRAK Baihaqi, Royyanestu, 2024. “Upaya Penanganan Thermal Conductivity Muatan Clinker Pada MV NKR Alice Di Terminal Khusus PT Semen Indonesia Tuban”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Yozar Firdaus Amrullah, S.S., M.Hum., Pembimbing II: Irma Shinta Dewi, M.Pd. Dalam proses kegiatan bongkar muat barang atau muatan harus sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang telah ditetapkan. Dengan adanya ketentuan dan peraturan yang diterapkan, diharapkan kegiatan bongkar muat barang atau muatan berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab, dampak, dan upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya thermal conductivity muatan clinker pada MV NKR Alice di Terminal Khusus PT Semen Indonesia Tuban. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan objek penelitian kali ini adalah MV NKR Alice. Penulis mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Dalam pengujian keabsahan data, penulis menggunakan tiga metode triangulasi yang dilakukan oleh penulis yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Selanjutnya, data tersebut dianalasis oleh penulis sehingga menghasilkan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bongkar muat muatan clinker yang akan diekspor ke luar negeri sangatlah padat, akibatnya stok clinker di gudang pabrik PT Semen Indonesia menipis, sehingga pihak kapal dan perusahaan bongkar muat (PBM) menunggu olahan clinker yang baru dari pabrik. Setelah muatan tersebut siap untuk dimuat, muatan tersebut mulai dikeluarkan dari pabrik menuju pelabuhan menggunakan truk. Ketika muatan yang baru saja diolah mulai dimuat ke dalam kapal, muatan clinker tersebut ternyata suhunya sangat tinggi bahkan mencapai 80 sampai 110 derajat celcius, sehingga mengakibatkan lempengan atau lapisan terluar di dalam palka MV NKR Alice mulai memerah karena panas yang dihantarkan oleh muatan clinker tersebut yang disebut dengan thermal conductivity. Selanjutnya, pihak kapal dan PBM mengeluarkan muatan clinker bersuhu tinggi yang sudah dimuat ke dalam palka kapal dan membentangkannya bersama muatan clinker bersuhu diatas 80 derajat celsius yang belum dimuat ke dalam palka kapal di area pelabuhan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Thermal Conductivity, MV NKR Alice, SOP, Clinker. |
Subjects: | Skripsi Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 07:13 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 07:13 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6063 |
Actions (login required)
View Item |