RIZAL, ARYA MAULANA (2024) ANALISIS RENDAHNYA LOADING RATE DALAM PEMUATAN BATU BARA DI MV VICTORIA I. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011327536K_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
572011327536K_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (248kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Maulana, Rizal Arya. 2024. “Analisis Rendahnya Loading Rate Dalam Pemuatan Batu Bara di MV Victoria I”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Yozar Firdaus Amrullah, S.S., M.Hum., Pembimbing II: Amad Narto, M.Pd., M.Mar.E. Pemuatan batu bara merupakan kegiatan yang banyak dilakukan di loading point, salah satunya adalah di loading point Muara Berau Anchorage yang terletak pada Provinsi Kalimantan Timur. Pada saat melakukan proses transhipment batu bara pasti ada kendala yang terjadi di atas kapal, salah satunya yaitu terjadi rendahnya loading rate disaat pemuatan batu bara dari tongkang ke dalam palka kapal. Seperti halnya pemuatan batu bara yang terjadi di MV Victoria I yang mengalami rendahnya loading rate sehingga mengakibatkan pengiriman muatan batu bara menuju pelabuhan selanjutnya tidak selesai dengan cepat dan berjalan dengan lambat. Kegiatan pemuatan ini menimbulkan rumusan masalah yang meliputi faktor apa saja yang mempengaruhi rendahnya loading rate pemuatan batu bara, dampak apa saja yang terjadi ketika loading rate pemuatan batu bara menjadi rendah, dan upaya apa yang dapat dilakukan agar loading rate terpenuhi pada MV Victoria I. Tujuannya untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi rendahnya loading rate pemuatan batu bara, dampak apa saja yang terjadi ketika loading rate rendah, dan upaya apa yang dapat dilakukan agar loading rate terpenuhi pada MV Victoria I. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif yaitu menguraikan data secara naratif dengan mendeskripsikan proses yang terjadi di dalam penelitian menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka selama melakukan penelitian dengan berbagai narasumber yang terkait seperti Mualim 1, Foreman, dan Staf Operasional PT IDT Trans Agency Samarinda. Data kemudian dianalisis dengan berbagai teknik yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, data tersebut diuji keabsahannya dengan sistem triangulasi. Penelitian ini menghasilkan faktor yang menyebabkan rendahnya loading rate yaitu pada salah satu derek kapal yang rusak yaitu derek kapal nomor 2 dan peralatan bongkar muat berupa derek kapal yang harus dioperasikan secara perlahan. Dampak yang ditimbulkan yaitu terlambatnya pengiriman muatan batu bara di pelabuhan selanjutnya dan kerugian bagi berbagai pihak. Lalu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan perawatan kapal secara teratur dan menyediakan suku cadang peralatan bongkar muat yang lengkap di kapal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: batu bara, loading rate, transhipment |
Subjects: | Skripsi Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 07:03 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 07:03 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6061 |
Actions (login required)
View Item |