ANALISIS PELAYANAN JASA KEAGENAN OLEH PT. WASAKA SAMUDERA KARYA

MUHAMAD, RAFLI PRADANA (2024) ANALISIS PELAYANAN JASA KEAGENAN OLEH PT. WASAKA SAMUDERA KARYA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (572011327532K_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
572011327532K_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf

Download (259kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Pradana, Muhamad Rafli. 2024. “ANALISIS PELAYANAN JASA KEAGENAN OLEH PT. WASAKA SAMUDERA KARYA”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Yozar Firdaus Amrullah, S.S., M.Hum., Pembimbing II: Muhammad Choeroni, S.S.T.Pel., M.T. PT. Wasaka Samudera Karya adalah perusahaan pelayaran yang bergerak di bidang keagenan kapal. Pelayanan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan ini ialah pengurusan kedatangan dan keberangkatan kapal (clearance in dan clearance out), sandar dan lepas kapal, pengurusan dokumen, pengurusan sign on dan sign off awak kapal dan mengurus segala kebutuhan kapal termasuk bahan bakar serta isi air tawar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan jasa keagenan di PT. Wasaka Samudera Karya dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh PT. Wasaka Samudera Karya dalam meningkatkan pelayanan jasa keagenan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah standar pelayanan jasa keagenan di PT. Wasaka Samudera Karya sudah sesuai prosedur yang berlaku. Pelayanan jasa keagenan PT. Wasaka Samudera Karya pada saat proses clearance mengalami kehambatan. Upaya yang dilakukan PT. Wasaka amudera Karya dalam meningkatkan pelayanan jasa keagenan adalah melakukan pengawasan dan arahan kepada staf operasional, melakukan sosialisasi dan briefing, melakukan komunikasi dengan pihak KSOP untuk mengetahui informasi tentang maintenance sistem inaportnet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Analisis, Pelayanan, Jasa Keagenan
Subjects: Skripsi
Skripsi > TALK
Divisions: TALK
Depositing User: person person person
Date Deposited: 28 Oct 2024 06:57
Last Modified: 28 Oct 2024 06:57
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6060

Actions (login required)

View Item View Item