BINTANG, MAHATMA MAHASENA (2024) Identifikasi Penyebab Turunnya Performa Main Air Compressor Terhadap Lamanya Pengisian Botol Angin di MT. Giat Armada 01. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011217623T_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
572011217623T_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (297kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Mahasena, Bintang Mahatma. 2024. “Identifikasi penyebab turunnya performa main air compressor terhadap lamanya pengisian botol angin di MT. Giat Armada 01”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Dr. Ali Muktar Sitompul M.T, M.Mar.E., pembimbing II: Riyadini Utari, M.Si. Kompresor udara adalah alat yang menghisap dan mengumpulkan udara kemudian menyimpannya di dalam sebuah tabung, di mana udara tersebut digunakan untuk membantu pengoperasian kapal. Perawatan harus dilakukan dengan hati-hati sesuai dengan instruksi di buku petunjuk. Namun, kerusakan pada bagian kompresor sering menyebabkan produksi udara tekan berkurang, yang dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar. Menurut pengalaman peneliti selama praktik laut di kapal, ada masalah dengan mesin kompresor udara yakni pengisian udara dari kompresor ke dalam botol angin terlalu lama dimana kompresor mengalami penurunan tekanan yang mana tekanan normal yang seharusnya menghasilkan 30 kg/cm² dalam waktu kurang lebih 5 - 10 detik dengan 0,2 MPa kenyatannya menjadi lebih lama sekitar 30- 40 detik untuk melakukan pengisian pada botol angin dengan tekanan 30 kg/cm², hal ini pasti akan menggangu kelancaran operasi kapal. Tujuan penelitian ini guna mengetahui faktor penyebab, dampak turunnya performa Main Air Compressor (MAC) terhadap pengisisan botol angin, serta upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data RCA (Root Cause Analysis) 5 why guna memperoleh hasil akar penyebab dari penelitian yang dilakukan. Dengan itu peneliti dapat lebih mudah menemukan akar masalah dari lamanya pengisian botol angin yang diakibatkan dari turunnya performa MAC. Penelitian ini menunjukkan bahwa penurunan tekanan kompressor disebabkan oleh patahnya spring delivery valve low pressure, serta dampak dari faktor tersebut yaitu tekanan pada low pressure delivery valve terlalu rendah sehingga tekanan pada pressure gauge low pressure terlalu rendah menjadikan pengisian botol angin terlalu lama mengakibatkan high pressure delivery valve temperatur terlalu tinggi. Upaya untuk mengatasi patahnya yaitu spring delivery valve low pressure dengan cara melakukan pengantian pada spring delivery valve low pressure yang patah. Untuk itu perlunya dilakukan pergantian spring delivery valve low pressure ketika masa pakai sudah mendekati 1500 jam kerja, dan juga melakukan pembersihan valve set setiap 500 jam kerja untuk memastikan valve masih dalam keadaan baik dan normal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: main air compressor, spring delivery valve, L.P delivery valve, H.P delivery valve, RCA. |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 02:05 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 02:05 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6041 |
Actions (login required)
View Item |