SEPTRIA, KUMORO JATI (2024) PENERAPAN PASSAGE PLAN GUNA MENGHINDARI KAPAL KANDAS DI SUNGAI BARITO STUDI KASUS PADA KM. ARMADA SEGARA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011137883N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
572011137883N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (726kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Kumoro Jati, Septria 572011137883 N, 2024, “Penerapan Passage Plan Guna Menghindari Kapal Kandas di Sungai Barito Studi Kasus pada KM. Armada Segara”, “Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Iskandar, S.H., M.T. Pembimbing II: Ibu Indah Nurhidayati, M.Si. Dalam dunia pelayaran, perencanaan pelayaran/passage plan memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan efisiensi operasional kapal dalam saat berlayar. Passage plan adalah strategi yang dirancang untuk memandu kapal dari satu lokasi ke lokasi lainnya dengan keamanan, kecepatan, dan efisiensi yang optimal. Banyak insiden kapal terjadi karena campur tangan faktor eksternal seperti pengaruh alam dan keadaan sekitar jalur yang dilewati dan internal kru kapal dan peralatan navigasi kapal. Meskipun kekuatan alam sangat kuat dan tidak dapat diprediksi secara pasti, peran kesalahan manusia dalam manajemen kapal tidak boleh diabaikan. Kecelakaan di dunia pelayaran sering kali disebabkan oleh kesalahan manusia dalam pengoperasian kapal. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, penulis merasa tertarik untuk mengembangkan pelayaran yang lebih aman. Sehingga penulis tertarik unutk meneliti tentang “Penerapan Passage Plan Guna Menhindari Kapal Kandas di Sungai Barito Studi Kasus pada KM. Armada Segara” Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Selama proses penelitian, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka untuk mendukung analisis yang dilakukan. Setelah data terkumpul, dilakukan pengujian triangulasi untuk memverifikasi kebenaran data dan informasi dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Data yang telah diverifikasi kemudian dianalisis menggunakan Grounded theory yang Jadi, metode ini memungkinkan peneliti untuk mengembangkan teori berdasarkan observasi dan analisis data yang diperoleh dari lapangan selama penulis melaksanakan Pratik laut. Dalam penelitian ini yang membahas penerapan passage plan guna menghindari kapal kandas di Sungai Barito, penulis mengamati pelaksanaan pelayaran berdasarkan passage plan yang disusun. Saat melaksanakan rencana pelayaran yang telah dipandu dengan passage plan tersebut, berbagai tantangan diidentifikasi, termasuk kerusakan peralatan navigasi, kekurangan pembaruan peta dan informasi publikasi, serta ketidakpastian cuaca dan kondisi jalur pelayaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan passage plan merupakan strategi pelayaran yang bertujuan untuk mengurangi risiko bahaya yang mungkin terjadi selama perjalanan kapal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Kapal Kandas, Faktor eksternal dan internal, Penerapan Passage Plan |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 08:23 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 08:23 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6035 |
Actions (login required)
View Item |