AMIRIL, MUKMININ (2024) ANALISIS TUBRUKAN CRANE MV. PANCARAN I 5505 DENGAN GANTRY CRANE PELABUHAN SURALAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011127786N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
572011127786N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (55kB) |
Abstract
ABSTRAK AMIRIL MUKMININ. NIT: 572011127786 N, 2024, “Analisis Tubrukan Crane MV PANCARAN I 5505 Dengan Gantry Crane Pelabuhan Suralaya”, skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautka, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Manungku Trinata Pramudhita., S.Si.T., M.Pd. Pembimbing II: Pranyoto, S.PI, M.AP. Kapal merupakan armada transportasi yang beroperasi di laut dan di peraian, dalam operasiannya kapal melakukan bongkar muat di pelabuhan maupun kapal ke kapal dengan menggunakan crane sebagai penunjang kegiatan bongkar muat. Dalam penelitian ini, peneliti telah melaksanakan praktek laut di atas kapal MV PANCARAN I 5505 dan menemukan masalah, yaitu ketika kapal telah selesai melakukan kegiatan bongkar muatan di pelabuhan suralaya, kapal melaksakan olah gerak meninggalkan pelabuhan namun saat olah gerak kapal mengalami sebuah insiden yakni crane nomor 1 kapal MV PANCARAN I 5505 menabrak gantry crane nomor 4 Pelabuhan Suralaya. Dengan terjadinya masalah tersebut peneliti merumuskan masalah yaitu, apa penyebab crane MV. PANCARAN I 5505 menabrak gantry crane Pelabuhan Suralaya, apa dampak dari Insiden tubrukan antara crane MV. PANCARAN I 5505 dengan gantry crane Pelabuhan Suralaya, dan bagaimana upaya yang dilakukan crew kapal agar insiden tubrukan crane tidak terulang kembali di MV. PANCARAN I 5505. Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan diagram fishbone. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah dilakukan peneliti terhadap tubrukan crane kapal MV PANCARAN I 5505 dengan gantry crane pelabuhan suralaya bahwa faktor penyebabnya adalah kurangnya perhitungan jarak crane kapal dengan gantry crane pelabuhan, kesalahan dalam menarik keluar kapal yang dilakukan oleh tug boat di bagian depan, dan cuaca buruk angin berkecepatan tinggi dan gelombang air laut yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Crane, menabrak, gantry crane |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 06:42 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 06:42 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6026 |
Actions (login required)
View Item |