AULIA, HILMI DHIYAUL HAQ (2024) OPTIMALISASI DRILL DAN EDUKASI UNTUK MEMINIMALISIR KECELAKAAN KERJA DI KAPAL MV. GLOVIS DIAMOND. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911137155N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
561911137155N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf Download (148kB) |
Abstract
ABSTRAK Dhiyaul Haq, Aulia Hilmi 2024. “Judul Optimalisasi Drill dan Edukasi untuk Meminimalisir Kecelakaan Kerja di Kapal MV. Glovis Diamond”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Karolus Geleuk Sengadji.,MM. , Pembimbing II: Fatimah., S.Pd., M.Pd Kecelakaan kerja merupakan kejadian yang tidak terduga dan tidak diharapkan yang dapat mengakibatkan kerugian bagi diri sendiri maupun kapal dan muatannya. Pada saat peneliti menjalani praktek laut, peneliti menemukan adanya insiden kecelakaan di atas kapal yang seharusnya bisa diminimalisir dengan adanya pelatihan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kecelakaan kerja, akibat dari kecelakaan kerja, dan upaya yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kecelakan kerja di atas kapal Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan langkah-langkah observasi partisipatif selama peneliti melaksanakan praktek laut, wawancara dengan narasumber di atas kapal, dan melaui studi dokumentasi dari gambar yang diambil di atas kapal yang diolah menggunakan teknik analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data dengan merangkum pokok substansi, penyajian data dalam uraian teks naratif, dan penarikan kesimpulan & verifikasi. Pengujian keabsahan yang mencakup uji credibility (validitas internal), uji transferability (validitas eksternal), uji dependability (reliabilitas), dan uji comfirmability (obyektivitas) yang menggunakan metode triangulasi untuk menilai keakuratan data yang digunakan. Penelitian mengenai optimalisasi drill dan edukasi untuk meminimalisir kecelakaan kerja di kapal MV. Glovis Diamond mendapatkan hasil kesimpulan bahwa kecelakaan kerja yang terjadi di atas kapal terjadi karena beberapa faktor antara lain sumber daya manusia, kondisi lingkungan kerja, kondisi sarana prasarana kerja, dan komitmen dari perusahaan yang kurang baik. Hal ini dapat menimbulkan kerugian fisik dan harta benda baik untuk kru, muatan, kapal, maupun perusahaan. Permasalahan tersebut dapat diminimalisir dengan memperbaiki sumber daya manusia kru kapal, familiarisasi yang cukup terhadap lingkungan dan tempat kerja, manajemen sarana prasarana yang baik, dan juga komitmen perusahaan yang perlu diperbaiki dalam memberikan evaluasi dan penilaian terhadap kinerja kru di kapal untuk menambah safety awareness menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Optimalisasi, Kecelakaan kerja, Drill. |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 02:37 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 02:37 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6003 |
Actions (login required)
View Item |