OPTIMALISASI PENANGANAN KERUSAKAN MEKANIS REEFER CONTAINER PADA MV. CAP SAN JUAN

FARREL, ANDROMEDA (2024) OPTIMALISASI PENANGANAN KERUSAKAN MEKANIS REEFER CONTAINER PADA MV. CAP SAN JUAN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911137139N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
561911137139N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf

Download (220kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Andromeda, Farrel. 2024. “Optimalisasi Penanganan Kerusakan Mekanis Reefer Container pada MV. Cap San Juan”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I: Capt. Wahju Wibowo., S.Sos., M.Psi., M.Mar dan Pembimbing II: Indah Nurhidayati., M.Si. Kapal yang digunakan untuk pengiriman barang khususnya pada kapal MV. Cap San Juan terdapat hal-hal yang harus diperhatikan salah satunya reefer container yang memiliki penjagaan serta kontrol ketat untuk mengetahui bahwa reefer container dapat bekerja secara optimal. Dalam hal ini reefer container memiliki risiko kerusakan pada komponennya sehingga membuat reefer container menjadi tidak berfungsi sesuai dengan seharusnya. Maka dari itu perlu adanya pembahasan sebagai bentuk upaya dalam penanganan apabila terjadi kerusakan dan terjadi kendala yang tidak diinginkan. Pada penelitian ini, penulis membuat rumusan masalah dengan tujuan pembahasan untuk mengetahui sebab dan dampak terjadinya kerusakan mekanis pada reefer container di kapal serta untuk mengetahui cara mengatasi reefer container yang mengalami kerusakan mekanis pada saat di laut lepas yang didasarkan pada kondisi lapangan pada saat penulis melakukan praktik laut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan teknik analisis data kualitatif serta teknik pengumpulan data berupa pendekatan terhadap observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai penanganan pada reefer container pada saat terjadi kendala. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh penulis mengenai berbagai kendala yang terjadi pada reefer container selama praktik laut, terdapat dua penyebab yaitu terjadi kerusakan komponen karena sudah melewati batas waktu pakai dan korselet listrik pada salah satu komponennya yang menyebabkan reefer container tidak bisa bekerja secara optimal. Hal tersebut terjadi karena tidak dilakukannya pengecekan secara menyeluruh dan kurangnya ketrampilan kru dalam melaksanakan perbaikan di atas kapal. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa kualitas dan ketrampilan kru di atas kapal sangat diperlukan demi mewujudkan lancarnya pengiriman muatan serta menghindari adanya kerugian bagi pihak perusahaan, kapal, dan pemilik muatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Reefer Container, Kerusakan, Penanganan, Komponen
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:29
Last Modified: 22 Oct 2024 02:29
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6002

Actions (login required)

View Item View Item