Pelayanan Secara Online Terkait Penerbitan Buku Pelaut di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya

NAUFAL, HAKIM WIKUPRANATA (2024) Pelayanan Secara Online Terkait Penerbitan Buku Pelaut di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (572011317509K_PROSIDING_FULLTEXT)
572011317509K_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB) | Request a copy
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Abstraksi - Buku pelaut merupakan dokumen resmi negara yang diterbitkan oleh pemerintah yang memuat informasi identitas fisik pelaut tanpa bergantung pada standar biometrik sidik jari. Terdapat kendala dalam pelayanan penerbitan buku pelaut secara online di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Surabaya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelayanan penebitan buku pelaut secara online, untuk mengetahui kendala dan dampak yang terjadi dalam pelayanan penerbitan buku pelaut secara online dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang terjadi di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dikumpulkan dari metode observasi, metode wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Bapak Soponyono dan Bapak Arief selaku petugas penerbitan buku pelaut online dan Bapak Ahmad Fatoni selaku pengguna jasa. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Proses pelayanan penerbitan buku pelaut secara online di Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak dilaksanakan sesuai Standar Operasional Prosedur. Terdapat kendala yang memberi dampak yaitu kurang lengkapnya dokumen dan dokumen persyaratan yang sudah kadaluwarsa yang menghambat proses administrasi, kerusakan pada passport printer dan gangguan pada server website dapat mengakibatkan penundaan proses pelayanan, serta kekurangan informasi tentang proses penerbitan buku pelaut secara online dan beberapa pelaut kurang memahami pemahaman dan teknologi sehingga menghambat pelayanan. Upaya yang dilakukan adalah memberikan informasi kepada pelaut agar wajib melampirkan dokumen asli dan melakukan pengecekan keaslian sertifikat, melakukan pemeliharaan rutin dan pembelian sparepart passport printer serta memberikan pemahaman kepada para pengguna jasa terkait dengan server website yang mengalami error dan membuka channel untuk komunikasi terhadap pengguna jasa untuk memberikan informasi dan edukasi terhadap pengguna jasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Analisis, Pelayanan Penerbitan Buku Pelaut, Buku Pelaut Online
Subjects: Prosiding
Prosiding > TALK
Divisions: TALK
Depositing User: person person person
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:15
Last Modified: 22 Oct 2024 02:15
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6001

Actions (login required)

View Item View Item