“OPTIMALISASI GAS FREEING DI MT. JS INEOS INVENTION DALAM RANGKA DRY DOCK BERDASARKAN SIGTTO DAN TANKER SAFETY GUIDE”

SAMUEL, ABNER AFORMARIO BELLY (2024) “OPTIMALISASI GAS FREEING DI MT. JS INEOS INVENTION DALAM RANGKA DRY DOCK BERDASARKAN SIGTTO DAN TANKER SAFETY GUIDE”. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911127129N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI)
561911127129N_SURAT PERNYATAAN TIDAK PUBLIKASI.pdf

Download (52kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Belly, Samuel Abner Aformario, 561911127129 N, 2024, “Optimalisasi Gas Freeing di MT. JS Ineos Invention Dalam Rangka Dry Dock Berdasarkan SIGTTO dan Tanker Safety Giuide”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Janny Adriani Djari, S.ST., M.M, Pembimbing II: Dr. Andi Prasetiawan, S.ST, M.M. Pelaksanaan gas freeing di MT. Js Ineos Invention sebelum pelaksanaan dry dock tidak optimal karena mengalami kebocoran gas. Kebocoran gas disebabkan oleh gasket yang menghubungkan flexible hose dan flange vapour line dalam kondisi rusak, menyebabkan crew deck terpapar oleh gas Etana sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses gas freeing dan terjadi keterlambatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini terkait faktor yang menyebabkan kebocoran gas pada saat inerting serta dampak yang ditimbulkan bagi kesehatan awak kapal akibat dari paparan gas Etana dan gas Nitrogen. Selain itu, peneliti juga mengkaji prosedur darurat yang dilakukan saat terpapar oleh gas Etana dan gas Nitrogen dan mengoptimalkan proses gas freeing agar berjalan dengan aman dan lancar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh ketika peneliti melakukan penelitian di MT. JS Ineos Invention yang dikelola oleh Evergas Ship Management Pte. Ltd dari bulan Februari s.d bulan Juli tahun 2022. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penyebab terjadinya kebocoran pada proses inerting sehingga berdampak bagi kesehatan awak kapal, dikarenakan crew yang tidak familiar dalam proses gas freeing dan kurangnya pengalaman crew akan proses gas freeing, serta tidak adanya sosialisasi prosedur gas freeing sebelum dimulainya proses gas freeing. Tidak tersedianya spare parts menjadi faktor utama sehingga crew menggunakan gasket dengan kondisi yang rusak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Optimalisasi Gas freeing, Multigas carrier, Kebocoran gas
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:31
Last Modified: 18 Oct 2024 04:31
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5991

Actions (login required)

View Item View Item